Sukses

Momen Haru Penyelamatan Anak Gajah Nyaris Tenggelam

2 petugas berhasil selamatkan anak gajah yang nyaris tenggelam di Afrika Selatan. Berikut ini rekamannya:

Liputan6.com, Limpopo - Sebuah momen mengharukan ketika seekor anak gajah diselamatkan dari saluran air di pertambangan Afrika Selatan berhasil direkam. Detik-detik mendebarkan pun berlangsung setelahnya.

Menurut laporan, jika anak gajah yang secara tak sengaja terjatuh ke dalam saluran air itu tidak diselamatkan, kemungkinan besar ia akan mati tenggelam.

Dalam cuplikan rekaman berdurasi 48 detik yang diambil dekat bendungan milik pertambangan Phalaborwa Copper di Limpopo Timur Laut Afrika Selatan tersebut, terlihat 2 pekerja berusaha mengangkat anak gajah yang nyaris tenggelam.

Dilansir Daily Mail, Selasa (22/2/2016), 2 pekerja tambang yang mengetahui kejadian tersebut kemudian segera melapor kepada pusat penyelamatan hewan setempat. Mereka mengatakan anak gajah tersebut diterlantarkan oleh kawanannya.

Analisa itu diketahui dengan keberadaan jejak kaki gajah dewasa di sekitar lokasi, yang diduga berusaha membantu menyelamatkan hewan malang tersebut. Namun karena merasa takut dengan kehadiran manusia, mereka melarikan diri.

Akhirnya, kedua orang bernama Johan Bezuidenhout dan Quenton du Plessis memutuskan menyelamatkan hewan tersebut.

Jika tidak diselamatkan, anak gajah kemungkinan besar akan mati tenggelam. (Dailymail)

Dengan tarikan, dorongan dan kerja sama serta usaha dari anak gajah itu sendiri, pada akhirnya mereka berhasil mengeluarkannya.

Ketika sudah bisa berdiri dan keluar dari kubangan air, anak gajah itu terlihat shock dan terdiam. Sementara kedua orang tersebut menenangkannya.

Setelah melakukan penyelamatan, mereka menunggu kawanan gajah kembali namun tak kunjung datang. Mereka kemudian membawa gajah yang mengalami dehidrasi dan kelelahan itu ke pusat penyelamatan hewan.

Gajah tersebut kemudian diangkut menggunakan truk menuju pusat perlindungan hewan non-profit bernama Elephants Alive.

Berikut ini rekaman momen mengharukan ketika dua petugas berhasil selamatkan anak gajah tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.