Sukses

Ini Dia Menu Favorit dan Kebiasaan Unik Paus Fransiskus

Salah satu yang mengetahui 'rahasia' itu adalah Ibarra. Koki pertama yang ditunjuk untuk memasak buat Paus sebelumnya. Ini dia kisahnya.

Liputan6.com, Meksiko - Begitu banyak orang-orang terkenal dan tokoh-tokoh dunia yang membawa inspirasi juga kebaikan bagi orang lain. Salah satunya adalah Paus Fransiskus.

Sosoknya yang religus dan bersahaja, membuat pria paruh baya ini begitu dicintai dan dihormati oleh umat Kristiani di seluruh dunia.

Jorge Mario Bergoglio atau yang lebih dikenal dengan Paus Fransiskus adalah pemimpin Gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan. Ia merupakan Paus ke-266, menggantikan Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Di balik kesederhanaan Paus Fransiskus, tak banyak orang yang tahu tentang kebiasaan-kebiasaan uniknya. Misalnya, soal menu makanan favorit.

Selain tak dipublikasikan, pastinya hanya orang-orang terdekat yang tahu hal-hal rutin atau kesukaan Paus keturunan Amerika Latin ini.

Lalu, siapakah orangnya? Salah satunya adalah Ibarra. Koki pertama yang ditunjuk untuk memasak buat Paus sebelumnya, sejak ia menginjak Kota Roma 4 tahun lalu.

Jorge Mario Bergoglio atau yang lebih dikenal dengan Paus Fransiskus adalah pemimpin gereja katolik sekaligus kepala negara vatikan.(News.com.au)

"Dipilih untuk memasak buat Paus menunjukkan kualitas pekerjaan Anda dan orang-orang yang percaya akan kemampuanmu," kata Ibarra pada hari terakhir Paus Benediktus tinggal di Meksiko, yang dikutip dari News.com.au, Kamis (18/2/201).

"Ini adalah sebuah pengalaman yang tidak ada tandingannya," lanjut Ibarra.

Selain Paus Benediktus, koki yang juga membuka restoran steak di kota kelahirannya ini juga menyiapkan makanan bagi para Paus di markas diplomatik Vatikan di Ibukota Meksiko. Salah satunya Paus Fransiskus.

Selain Paus Benediktus, koki yang juga membuka restoran steak di kota kelahirannnya ini juga menyiapkan makanan bagi para Paus di markas diplomatik Vatikan di Ibukota Meksiko.(News.com.au)

Di usianya yang sudah menginjak 79 tahun, Paus Fransiskus memiliki banyak pantangan untuk makan. Alasannya, karena ia memiliki masalah pencernaan.

Atas dasar itu lah, Ibarra tidak pernah menyiapkan makanan yang terlalu pedas maupun berminyak. Buah-buah yang dikonsumsi pun harus tanpa biji.

Ibarra juga menceritakan bagaimana pemimpin umat katolik ini suka sekali dengan hidangan yang sederhana. Seperti nasi, pasta atau sup dengan roti dengan segelas jus jeruk, jeruk mandarin atau jus hijau --sayur.

Ibarra adalah koki pertama yang ditunjuk untuk memasak buat Paus sebelumnya sejak kedatangannya ke Kota Roma 4 tahun yang lalu. (News.com.au)

Namun ada satu cemilan yang harus selalu disiapkan setelah makan malam, yaitu cokelat.

Memang sudah menjadi tugasnya untuk memperhatikan menu-menu sehat yang dibutuhkan oleh Paus Fransiskus. Namun Ibarra tidak dilarang untuk menciptakan makanan hasil kreasinya sendiri.

"Saya memilih untuk membuat hidangan ala Italia dengan Meksiko dari bahan-bahan lokal yang segar. Saat membayangkan hidangan apa yang akan saya sajikan, saya berpikir apakah nanti Paus akan menyukainya," tutur sang koki.

Meski harus memberikan makanan sehat, Ibarra mengaku ia tidak pernah merasa bekerja di bawah tekanan. Menurutnya, Paus adalah pribadi yang hangat juga ramah.

"Ia akan datang ke dapur bertemu semua koki dan memberi semangat kepada kami untuk tetap tenang dan percaya diri agar semuanya berjalan dengan lancar," jelas Ibarra.

Ibarra juga menjelaskan, kebiasaan unik lainnya yang dimiliki oleh Paus Fransiskus adalah waktu makan yang singkat akibat didera kesibukan.

Saat sarapan biasanya ia menghabiskan waktu 15 hingga 20 menit, makan siang 40 hingga 50 menit, sementara makan makan selama 1 jam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini