Sukses

Ada Mumi di Planet Mars?

Selain penampakan benda mirip sarkofagus, ada dua wajah dipahatkan ke sisi tebing yang menghadap ke arah sarkofagus tersebut.

Liputan6.com, Pasadena - Ada berbagai penampakan ‘ditemukan’ di permukaan planet Mars.Mulai dari wajah dewa, iguana yang terlentang, hingga akhirnya sebuah sarkofagus—peti jenazah untuk mumi yang lazim di Mesir Kuno.

Para pemburu alien kemudian berbondong-bondong menyimak foto suatu tempat di Mars yang oleh Mister Enigma disebut sangat mirip dengan yang dipakai bangsa Mesir untuk menyimpan mumi.

Dikutip dari Daily Mail pada Rabu (17/2/2016), pengunggah di laman video berbagi itu mengatakan, “Ada sesuatu yang luar biasa tertera dalam foto kiriman rover Curiosity di Planet Mars.”

“Kalau kita perbesar gambar NASA yang diambil Curiosity, kita akan melihat sesuatu yang tampak seperti sarkofagus tergeletak di tepi tebing," lanjut Mister Enigma.  

Video yang sama menduga masih ada yang tersembunyi di dalam bebatuan tempat pemakaman alien purba. 

“Hal aneh lain tentang foto ketika diambil beberapa saat kemudian di tempat yang sama, adalah adanya dua wajah dipahatkan ke sisi tebing yang menghadap ke arah sarkofagus," tambahnya.

Ia bertanya, “Apakah ini merupakan tanah pemakaman alien purba atau kasus pareidolia ekstrem?”

Sebuah benda tampak seperti sarkogagus yang tergeletak di permukaan planet Mars. Ada juga dua benda mirip pahatan wajah yang mengarah ke sarkofagus. (Sumber cuplikan video Mister Enigma)

Menurut Express, gejala tersebut terjadi ketika pikiran manusia meyakinkan penglihatannya telah melihat benda atau wajah di tempat yang tidak seharusnya, misalnya di bentukan batu di permukaan Mars.

Pengunggah mengaku telah melakukan edit secara digital pada video itu, namun hanya untuk memperjelasnya.

Sebuah benda tampak seperti sarkogagus yang tergeletak di permukaan planet Mars. (Sumber cuplikan video Mister Enigma)

Di lain pihak, sejumlah pemburu alien ‘melihat’ benda lain. Scott C. Waring dari UFO Sightings Daily menghargai Mister Enigma untuk menarik perhatian akan hal ini, tapi ia tidak melihat benda itu sebagai sarkofagus.

Katanya melalui laman situs, benda itu adalah “sebuah patung mahluk tegak yang telah terjungkir. Wilayah rata di bawahnya menunjukkan itu kepada saya.”

“Ini mungkin saja sarkofagus atau sejenis monumen untuk merayakan orang atau kejadian penting dalam sejarah alien," timpal Waring.

Bagi yang kurang yakin, Waring membagikan sebuah foto yang ditemukannya pada Desember 2014 yang diyakininya merupakan sebuah peti mati lain terbaring di sana. Katanya melalui UFO Daily Sightings, “Saya menemukan peti mati ini pekan lalu.”

“Peti mati dibuat untuk tahan lama dan yang ini terbuat dari batu. Apa susahnya NASA mengarahkan rover kesana dan memeriksa isi kotak tersebut?”

Walaupun NASA belum memberi komentar terhadap pertanyaan sejenis ini, badan tersebut telah membuat pernyataan tentang permintaan sejenis ini.

Kata Guy Webster, juru bicara NASA kepada Fox News melalui surel ketika membahas tampilan ‘wajah’ di planet Mars, “Mungkin kamu bisa melihat, itu adalah bebatuan alamiah yang bonyok-bonyok di pinggiran kawah kecil, bukan suatu ukiran yang dibuat oleh kebudayaan purba.”

“Tapi baguslah orang menggunakan imajinasi mereka dan menikmati akses publik sepenuhnya pada setiap gambar yang diambil oleh rover di Mars," imbuhnya.

Penasaran seperti apa mumi tersebut? Simak video berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.