Sukses

Elang Raksasa Lepas, 'Teror' di Angkasa Melanda Sebuah Kota

Seekor burung elang berukuran sangat besar terlepas dari pengasuhnya dalam sebuah acara demo. Ke mana elang itu?

Liputan6.com, Kent - Horor melanda sebuah kota Kent di Inggris setelah burung elang laut raksasa kabur dari suaka margasatwa setelah melakukan aksi demonstrasi berburu makanan.  Elang itu menakutkan terutama bagi para pemilik anjing karena cakarnya yang luar biasa besar. 

Dikutip dari The Telegraph pada Selasa (16/2/2016), Rex sang elang memiliki bentang sayap hingga sekitar 2,7 meter dan dipandang sebagai yang paling ganas untuk jenisnya. Elang spesies Steller  dapat dengan mudah membunuh seekor anjing jenis Jack Russell.

Rex memiliki kemampuan mengangkat beban hingga sekitar 6 kg. Tidak sulit baginya menyambar anjing dewasa jenis ShihTzu, poodle mini, atau bahkan Italian Greyhound. Ketika melihatnya, jangan coba-coba mendekat.

Burung jenis ini aslinya berasal dari kawasan timur jauh Rusia dan biasanya menyantap ikan salmon liar, namun tidak sungkan menyambar hewan peliharaan maupun burung-burung liar. Penyerangan mangsa dilakukan dengan menukik tajam pada sasaran yang kemudian dicengkeramnya dengan cakar yang kuat.

Ilustrasi perbanding ukuran elang laut dengan elang biasa. (Sumber  SWNS via The Telegraph)

Di alam liar, seekor elang laut jenis Steller pernah diketahui memangsa anjing laut muda yang beratnya lebih dari 8 kg.

Burung berukuran besar ini mengeluarkan jeritan seperti suara gonggongan yang dalam ketika sedang menyerang, diduga terbang berkeliaran di kota Kent setelah melepaskan diri dari suatu demo di kota Dartford pada Minggu lalu.

Sejak kaburnya Rex, pihak the Eagle Heights Wildlife Park telah berusaha melacaknya namun pemancar radio yang dipasangkan padanya tidak bekerja.

Pihak pengelola taman mengatakan bahwa Rex terakhir terlihat pada Senin siang sedang bertengger di sebatang pohon di Lullingstone di Kent.

Pihak pengelola telah meminta bantuan masyarakat. 

“Elang laut jenis Steller bernama Rex telah kabur dan kami memerlukan bantuan untuk menemukannya," kata juru bicara Eagle Heights Wildlife Park. 

“Pemancar yang dipakai untuk melacaknya tidak bekerja. Rex tidak berbahaya, namun jangan didekati atau disentuh. Jika melihatnya, cukup pantau saja dan panggil kami segera.”

Seorang warga Kent yang memiliki beberapa anjing jenis Jack Russell memastikan anjing-anjingnya berada di dalam rumah. Katanya, “Kami memasukkan anjing-anjing ke dalam.”

“Jangan sampai saya harus menjelaskan kepada istri saya kalau salah satu anjing ini membumbung tinggi di kala senja di antara cakar-cakar seekor elang raksasa," ujarnya lagi. 

Untuk membayangkan bentang sayap elang laut tersebut, berikut ini adalah gambar pembanding dari laman thenatureanimals.com:

 

Ilustrasi perbanding ukuran elang laut dengan manusia dewasa. (Sumber thenatureanimals.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.