Sukses

6 Lokasi Wisata di Indonesia yang Bikin Ogah ke Luar Negeri

Tak harus berlibur ke luar negeri bila pemandangan indah sudah ada di Indonesia. Cek destinasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mengapa anda harus keliling dunia untuk mencari pemandangan indah, ketika Indonesia menyuguhkan alam yang begitu cantik?

Indonesia memang hanya mempunyai 2 musim, kemarau dan hujan. Meski demikian, Anda juga bisa merasakan dinginnya salju -- seperti di puncak Carstensz Gunung Jayawijaya Papua, hangatnya pasir gurun -- seperti Gumuk Pasir Parangtritis di Yogyakarta, dan segarnya udara di persawahan kaki gunung.

6 lokasi wisata di bawah ini akan membuat Anda terkagum-kagum akan Indonesia yang tak kalah dengan keindahan pemandangan di luar negeri. Atau bahkan mungkin bisa membuat Anda ogah ke luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Gunungkidul Hingga Bali

1. Luweng Gubruk, Gua Jomblang, Gunungkidul, Yogyakarta

Gua Jomblang, Yogyakarta (photo: yogyatrip.com)

Sinar bak cahaya surga dalam film ini bisa Anda temukan dari dalam Gua Gubruk di Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi tersebut, perjalanan di mulai dari Gua Jomblang.

Gua jomblang adalah salah satu dari ratusan gua yang ada di Gunungkidul berlokasi di rentangan bukit karst yang memanjang dari Gombang, Jawa Tengah hingga Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Dilansir dari berbagai sumber, lokasi ini pernah dijadikan tempat pengambilan gambar untuk acara televisi Amazing Race Amerika Serikat pada tahun 2011 lalu.

2. Telaga Nilem, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Jawa Barat

Telaga Nilem, Kuningan (photo: instagram @jemmynababan)

Ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian secara lahir dan batin? Suasana alam Telaga Nilem yang begitu damai bisa membantu Anda mendapatkan dua hal tersebut.

Airnya yang begitu jernih membuat foto-foto Anda di dalam air bisa terlihat jelas. Telaga yang berlokasi di Cirebon ini juga mempunyai banyak gazebo untuk para pengunjung bersantai. Tertarik mengunjunginya?

3. Pantai Melasti, Ungasan, Bali

Pantai Melasti, Bali (photo: instagram @anggasetiawan_)

Terletak di Kecamatan Kuta Selatan dan bersebelahan dengan Pantai Bali Cliff, Pantai Melasti dapat ditempuh dari Jimbaran dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Dikutip dari laman website resmi pariwisata kabupaten Badung kuta selatan, pantai yang tak kalah indah dengan tetangga-tetangganya -- termasuk Pantai Pandawa -- ini banyak digunakan oleh wisatawan dari berbagai macam negara untuk aktifitas water sport. Selain itu warga lokal juga kerap melakukan upacara ritual Melasti di sana.

 

3 dari 3 halaman

Dari Majalengka Hingga Papua

4. Gletser Meren, Nggapulu Carstensz, Gunung Jayawijaya, Papua

Puncak Jaya Gletser (photo: citraindonesia.com)

Tempat ini dikenal dengan nama Piramid Carstensz, gunung yang terletak di Papua Barat ini diselimuti oleh gletser dan salju.

Gunung salju di negara tropis ini cukup legendaris dan unik karena letaknya tepat berada di tengah hutan rimba. Orang Indonesia biasa menyebutnya Puncak Jaya karena memang yang paling tinggi di Papua.

5. Terrasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka, Jawa Barat

Terrasering, Majalengka

Lokasi ini sangat cocok dijadikan destinasi agrowisata bagi para pecinta fotografi dan wisatawan yang ingin menikmati panorama ladang yang sudah tersusun rapi.

Keindahan alam pun yang tersedia pun tak hanya sebatas itu, karena para pendatang juga bisa terhipnotis oleh pemandangan bagus di sekitarnya. Seperti gunung-gunung yang melingkari ladang di Majalengka ini.

6. Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Gumuk Pasir, Yogyakarta (photo: yogyatrip.com)

Tumpukan pasir yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta ini adalah suatu fenomena alam yang membuat Indonesia semakin unik. Banyak wisatawan bermain sandboarding atau seluncur pasir di tempat ini, karena permukaan pasirnya yang halus.

Selain dijadikan tempat wisata, lokasi ini juga kerap dipakai para peneliti biologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan riset akan potensi dari gumuk pasir tersebut, seperti yang dilansir dari laman website resmi ugm.ac.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini