Sukses

Aksi Unik Pegawai Kebun Binatang Hadang 'Zebra' Panik

Ada-ada saja cara memberikan pelatihan kepada para pegawai kebun binatang guna bersiap menghadapi gempa bumi. Seperti apa, ya?

Liputan6.com, Tokyo - Jepang adalah suatu negara yang sangat rentan dengan bencana gempa bumi, sehingga segala aspek kehidupan masyarakatnya -- termasuk kebun binatang -- harus bersentuhan dengan gejala alam tersebut.

Dikutip dari Japan Times pada Kamis (4/2/2016), penerapan hal itu dilakukan di Kebun Binatang Ueno di Tokyo. Di mana digambarkan seekor 'zebra' kabur dari kandang setelah gempa bumi menghancurkan kandangnya, dan membuat seorang pegawai terkena serangan jantung.

Zebra itu juga dilaporkan sempat mencederai pegawai lainnya, dalam sebuah skenario latihan kebencanaan di kebun binatang tersebut.

Sosok binatang tersebut sebenarnya adalah seorang pegawai kebun binatang yang didandani dengan kostum serupa zebra.

Dalam latihan pada Selasa 2 Februari 2016, si zebra berkeliaran sekeliling kebun binatang sebelum menerjang sebidang tembok dan membuat seorang pegawai kebun binatang terkena serangan jantung.

Setelah mencederai penjaga lainnya, zebra itu kemudian ditaklukkan menggunakan pistol sengat mainan, dan ditutupi kain lalu dibawa ke truk pick up. Melihat aksu tersebut, sejumlah pengunjung tertawa gembira sambil mengambil foto.

"Zebra adalah hewan yang gampang panik. Saya sendiri panik ketika sedang berlaga," kata Yumi Tamura (27), pengasuh gorila dan monyet yang saat itu memainkan peran sebagai zebra.

 

Kebun binatang di Jepang harus melakukan latihan kebencanaan di negeri yang rentan dengan bencana alam tersebut, Kali ini, latihan kebencanaan dilakukan di Kebun Binatang Ueno di Tokyo. (Sumber Guardian)

Di masa lalu, simulasi di sejumlah kebun binatang milik pemerintah kota Tokyo melibatkan gorila, badak, singa dan orang utan palsu yang ‘kabur’ dari kandang.

"Setiap tahun, seorang pegawai memainkan peran sebagai hewan yang kabur. Mereka mengetahui tindakan hewan-hewan ketika bencana datang dan pelarian diri mereka," kata juru bicara Kebun Binatang Ueno.

Nah, mari simak latihan menghibur itu seperti dikutip dari Kyodo News:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.