Sukses

Keren, Seekor 'Naga' Tercipta dengan Satu Sapuan

Teknik melukis dengan satu sapuan, dalam Bahasa Jepang, disebut 'hitofude ryuu'. Meski terlihat mudah, sejatinya sama sekali tak gampang.

Liputan6.com, Nikko - Dengan tinta, kuas, dan hanya satu sapuan, gambaran seekor naga akhirnya tercipta utuh: kepala, badan yang meliuk-liuk, juga ekor yang panjang.

Teknik melukis semacam itu, dalam Bahasa Jepang disebut 'hitofude ryuu', yang secara harafiah berarti' naga dalam satu sapuan'.

Meski terlihat mudah, teknik itu sama sekali tak gampang. Membutuhkan kerja keras dan percobaan berulang-ulang demi mendapatkan sapuan yang sempurna.

Untuk melukis seekor naga, sang seniman pertama-tama membuat bagian kepalanya secara terpisah. Bentuk paling rumit itu dilukis menggunakan kuas kecil.

Kemudian, dengan menggunakan kuas yang lebih tebal -- namun pipih dan lebar --, mereka membentuk bagian badan dan buntut yang tak kalah rumitnya, hanya dengan sekali sapuan.

Namun, seperti dikutip dari situs Oddity Central, meski sang seniman terlihat membuat sapuan panjang dan tunggal, jika dilihat lebih cermat, mereka sejatinya melakukan gerakan tangan yang nyaris tak kentara. Yang membuat lukisan naga itu seakan hidup.

Seorang pelukis di sekitar kuil Nikko di Jepang menggunakan teknik itu.

Seperti terlihat dalam video unggahan People’s Daily yang disimak pada Selasa (2/2/2016), pelukis itu menggunakan teknik sapuan tunggal untuk lukisan naga. Yang biasanya dibuat istimewa di hadapan para pelanggan.

Toko cinderamata ini mengkhususkan diri dalam melukis naga menggunakan teknik sapuan tunggal. (Sumber Justin Velgus via Japan Travel)

Seperti dikutip situs Japan Travel, sebuah toko cinderamata di kuil Nikko mengkhususkan diri dalam pelukisan menggunakan teknik sapuan tunggal. Terutama untuk melukis naga.

Toko yang dikenal dengan nama Dragon Art Kousyuuya memang tidak besar, tapi menawarkan seni lukisan naga yang sesuai dengan keinginan pengunjung. Hanya dalam waktu 15 menit.

Di toko yang terletak tepat di perhentian bus Nikko Kyodo Center Mae itu, pengunjung dapat memilih ukuran, rancangan, warna, dan huruf kanji yang diinginkan.

Huruf-huruf kanji dipilih disesuaikan dengan niat pelanggan, untuk mendapat perlindungan, nasib baik, atau lainnya. Di sana juga tersedia penjelasan arti huruf-huruf itu dalam Bahasa Inggris.

Daftar harga lukisan naga menggunakan teknik sapuan tunggal. (Sumber Justin Velgus via Japan Travel)

Karya seni itu dihargai cukup pantas dan ada sejumlah pilihan bingkai di toko yang sama. Lukisan kecil dengan bingkai dihargai 9.000 yen, setara Rp 1 juta. Harganya bertambah jika pengunjung menginginkan naga warna putih (yang dianggap lebih beruntung), perak, atau keemasan.

Tanpa bingkai, lukisan yang kecil berharga mulai dari 2500 yen (Rp 282 ribu). Harga yang dianggap sepadan dengan tingkat ketrampilan untuk menciptakan lukisan unik tersebut. Simak videonya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.