Sukses

Ulang Tahun ke-15 Gadis yang Terperangkap dalam Tubuh 90 Tahun

Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan anak-anak mengalami penuaan diri secara berlebihan.

Liputan6.com, Kolombia - Momen kemeriahan seperti ulang tahun merupakan hal yang paling dinanti setiap anak di dunia. Balon, kue ulang tahun, tiup lilin, badut, mengenakan baju ala putri, apalagi mendapat banyak hadiah dari teman dan keluarga adalah hal paling membahagiakan.

Tidak terkecuali bagi seorang gadis berumur 15 tahun bernama Magali Gonzalez Sierra. Ia menderita Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HGPS), yakni kelainan genetik langka yang menyebabkan anak-anak mengalami penuaan diri secara berlebihan yang dimulai pada usia 1-2 tahun.

Anak-anak dengan progeria umumnya tampak normal saat lahir. Namun di umur 1 tahun, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (18/1/2016), mulai muncul gejala-gejala seperti pertumbuhan tubuh lambat, hilangnya lemak tubuh dan rambut, sendi kaku, kulit mengeriput, dislokasi sendi pinggu, dan memiliki masalah jantung dan stroke. 

Meski memiliki tampilan fisik yang berbeda, jiwanya masih sama seperti anak-anak lainnya. Magali suka sekali menari, musik, berdandan, memakai glitter, dan baju warna pink.

Ia bahkan menentang pernyataan sang dokter yang mengatakan bahwa anak yang terkena progeria harapan hidupnya diperkirakan hanya sampai usia 13 tahun. 

"Magali ingin mencapai 15 tahun. Ia ingin bisa merayakan ulang tahunnya. Meski ia tidak menari, Magali ingin semua yang hadir di pesta ulang tahunnya menari dan berdansa," kata sang ibu Sofia (35) kepada sebuah situs berita di Kolombia, Publimerto.

Inilah yang membuatnya semakin istimewa. Pada usianya yang ke-15 sebuah pesta meriah sengaja dibuat untuk Magali. Quinceañera adalah perayaan usia 15 tahun bagi gadis-gadis Amerika Latin.

Dibantu seorang desainer Kolombia Miguel Becerra, malam itu Magali bak putri cantik dari negeri dongeng. Baju ungu panjang dengan banyak sentuhan bunga berwarna senada di bagian dadanya, ditambah dengan mahkota bertahta berlian di atas kepalanya membuatnya menjadi pusat perhatian teman-teman serta keluarga yang datang di hari istimewanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.