Sukses

Gemuruh Terdengar, Lalu Bola-bola Misterius Jatuh dari Langit...

Tiga benda asing berbentuk seperti bola jatuh di Vietnam Utara. Meski tak berbahaya, penyelidikan dilakukan oleh Kementrian Pertahanan.

Liputan6.com, Tuyen Quang - Sabtu kemarin 2 Januari 2016, militer Vietnam melaporkan bahwa mereka telah menyita 3 benda asing dari luar angkasa berbentuk seperti bola di bagian utara negara tersebut.

Menurut laporan Thanh Nien News, warga mendengar suara gemuruh yang keras dan melihat bola-bola tersebut di angkasa Sabtu pagi sebelum jatuh. Ketiga bola asing memiliki ukuran sebesar bola basket. 

Dilansir CBC News, Kamis (7/01/2016), dua dari ketiga bola memiliki berat 250 gram sementara yang lainnya 6 kilogram, terjatuh di Provinsi Yen Bai.

Benda asing yang lebih kecil dilaporkan mendarat menghancurkan atap rumah, sementara dua lainnya jatuh di sebuah lapangan di provinsi tetangga Tuyen Quang.

Ketiga bola kini telah diamankan oleh Angkatan Udara Vietnam, sementara penyelidikan lanjutan kini sedang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan setempat.

Penemuan dari hasil investigasi akan diserahkan kepada Organisasi Aviasi Sipil Internasional.

Ketiga bola asing memiliki ukuran sebesar bola basket. (cbcNews)


Sejauh ini petugas mengira bola-bola misterius tersebut adalah tanki udara khusus bagian dari roket buatan Rusia yang di jual ke negara lain.

Ketiga benda asing terbuat dari besi dan tidak memiliki sumber radiasi atau bahan berbahaya.

Kepada VietnamNet Bridge, Nguyen Khoa son, seorang profesor dari Vietnam's State Space Science and Technology Program mengatakan, benda itu mungkin bagian dari roket yang gagal meluncur. Ia mendapat laporan bahwa bola-bola tersebut dalam keadaan utuh dan jatuh dalam radius kurang dari 100 kilometer.

Penemuan benda asing yang diduga dari luar angkasa berbentuk seperti bola sudah sering ditemukan di berbagai belahan Bumi. Belum lama ini, bola-bola serupa juga ditemukan di Spanyol dan Turki pada bulan November lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.