Sukses

Indahnya Istana yang Disusun dari 9 Juta Kilogram Es

Sebuah kompleks istana dibangun dari 9 juta kilogram balok es. Bangunan itu kemudian dibuat bermandi cahaya berbagai warna.

Liputan6.com, Edmonton - Untuk hiburan warga, sebuah ‘istana’ unik yang terbuat dari jutaan kilogram es dibuka di kota Edmonton, Kanada. Istana yang didirikan di Hawrelak Park itu secara resmi dibuka pada jam 15.00 sore waktu setempat pada Rabu lalu. Sekitar 4.000 orang telah membeli tiket secara online.

Hanya dalam waktu kurang dari setengah jam, tempat hiburan luar ruang itu dipenuhi oleh para pengunjung yang mengambil foto, melihat-lihat, bermain seluncur es, ataupun duduk di atas singgasana.

Keluarga Helen Chenard dari kota Toronto tercengang melihatnya, katanya, “Indah sekali. Dikerjakan dengan baik.” Menurut Kendra Garvin, salah seorang pegawai, ia senang melihat hasil karya tersebut. Katanya, “Seakan menjadi bagian hidup saya.”

Dikutip dari Edmonton Journal pada Sabtu (03/01/2016), di dalam bangunan itu terdapat gua, lorong, seluncuran, mata air, dan bahkan api unggun. Cahaya LED memandikan istana itu dengan berbagai warna.

Istana es cantik didirikan menjadi sarana hiburan warga kota. (Sumber cuplikan video Edmonton Journal)

Kate Steiert, yang terlibat dalam proyek itu sejak November, senang melihat semuanya jadi. Katanya, “Seperti kerja di dalam mimpi, setiap hari.”

Laura Primeau, seorang ibu dari Edmonton, membeli tiket bagi keluarganya pada Rabu pagi. Menurutnya, walaupun antrean cukup panjang daripada dugaannya untuk orang yang membayar di muka, setiap orang terlihat bergembira menanti sesuatu yang tidak biasa.

Wanita itu pernah masuk sejumlah istana es sebelumnya, tapi ia senang karena sekarang bisa berbagi pengalaman dengan anak-anaknya. Kata Sydney, salah seorang anaknya, “Aku ingin menyentuhnya. Aku ingin membuktikan bahwa ini es sungguhan!”

Sekitar 9 juta kilogram es disusun menjadi menara-menara yang tinggi dan lorong-lorong yang menunutupi kawasan hingga seluas 1 hektar. Kompleks ini dibangun oleh perusahaan Ice Castles yang berpusat di negara bagian Utah, AS. Istana ini merupakan yang pertama kalinya di Kanada.

Para pekerja ‘menumbuhkan’ setidaknya 10.000 untaian es setiap hari pada rak-rak penunjang dengan menggunakan semprotan. Selang yang diipakai menyemprotkan 23 juta liter air dari hidran pemadam kebakaran.

Bongkahan-bongkahan yang tercipta kemudian ditempatkan menggunakan tangan satu di atas lainnya dan disambung menggunakan semprotan air lagi.

Istana es cantik didirikan menjadi sarana hiburan warga kota. (Sumber Edmonton Journal)

Istana ini direncanakan dibukan hingga bulan Maret sekiranya cuaca memungkinkan. Biaya masuknya antara 10 dolar Kanada hingga 20 dolar Kanada -- senilai antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Sejumlah pemasukan akan diperuntukkan bagi beberapa badan amal global dan kepada Silver Skate Festival di Edmonton. Tiket yang dibeli online lebih murah daripada yang dibeli di tempat atraksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.