Sukses

Ini Pendapat Tokoh Yahudi Soal Konflik Israel-Palestina

PM Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini mengungkapkan rencananya mencabut izin tinggal, bagi penduduk Palestina yang ada di Yerusalem.

Liputan6.com, Jakarta - Yerusalem atau Al Quds berada di pusaran konflik Palestina dan Israel. Tanah Suci 3 agama tersebut kini diklaim sepihak oleh negeri zionis.

Bahkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini mengungkapkan rencananya mencabut izin tinggal, bagi penduduk Palestina yang ada di Yerusalem.

Jika diterapkan, aturan tersebut bisa berdampak pada 230 ribu warga Palestina yang tinggal atau bekerja di Yerusalem.

Apa yang dikatakan Netanyahu mengingatkan pada niatan PM Israel sebelumnya, Ehud Olmert yang ingin menjadikan Yerusalem sebagai kota yang mayoritas atau 88 persen penduduknya adalah Yahudi pada tahun 2020.

Isu tentang Yerusalem menjadi fokus pembahasan dalam ajang International Conference Questioning Jerusalem, yang digelar di indonesia beberapa waktu lalu.

Niat Israel untuk menjadikan Yerusalem hanya milik kaum Yahudi ditentang banyak pihak. Salah satu yang menentang keras adalah peneliti politik dari Universitas Bar Ilan Israel, Profesor Menachem Klein.

Sang profesor mengatakan, tak semua warga Israel mendukung keputusan pemerintahnya. Menurutnya, Kota Suci Yerusalem bukan cuma punya Israel.

Selengkapnya tanggapan sang profesor dalam video singkat berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.