Sukses

Pria Tergemuk di Dunia Asal Meksiko Meninggal Dunia

Andres Moreno Sepulveda meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit pada hari Natal. Berapa berat badannya?

Liputan6.com, Sonora - Seorang pria asal Meksiko yang tercatat sebagai pria tergemuk di dunia telah dinyatakan meninggal dunia karena mengalami gagal jantung dalam usia 38 tahun. Dua bulan setelah melakukan operasi penurunan berat badan.

Dilansir News.com.au, Minggu (27/12/2015), Andres Moreno Sepulveda, memiliki berat tubuh 450 kilogram dan meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit di negara bagian Sonora pada hari Natal.

"Keadaan sudah membaik, tapi dia sudah mengalami dua serangan jantung sebelumnya. Napasnya semakin pendek, dan meninggal dunia di ambulans." ungkap Carmen Palacios, seorang teman yang membantu proses pemulihan Moreno selama setahun ini.

Karena berat badannya, mantan polisi itu sudah terbaring sakit selama beberapa tahun karena berbagai penyakit.

Sebelumnya, ketika hendak menjalani operasi lambung, Moreno sudah berhasil menurunkan mengecilkan perutnya membuat berat badannya menjadi 320 kilogram.

Andres Moreno Sepulveda dinyatakan meninggal dunia pada usia 38 tahun dalam perjalanan menuju rumah sakit. (Mexico News Daily)

Menyusul prosedur tersebut, dokter yang menanganinya berharap bisa menurunkan berat tubuhnya menjadi 85 kilogram.

Sebulan sebelumnya, bintang lapagan sepakbola dari Real Mardid, Cristiano Ronaldo mengirimkan seragam miliknya yang sudah ditandatangan dan menasihatinya untuk menjalani hidup sehat.

Ketika itu kepada Metro, Moreno mengatakan,"Aku ingin berterima kasih kepada semua orang, khususnya Ronaldo, yang telah memberikan perhatian kepada diriku. Terkadang kita mengira orang tak akan memperhatikan kita, karena hidup di belahan Bumi yang berbeda, tapi sepertinya tidak. Aku merasa telah mendapatkan kado Natal lebih dini."

Selama hidup, Moreno Sepulveda sudah memiliki kelebihan dibanding orang-orang lainnya. Ketika lahir, ia memiliki berat badan 6 kilogram dan meningkat hingga 120 kilogram pada usia 10 tahun.

Ia berniat untuk menurunkan berat badan tahun ini. Palacios mengatakan dia sangat bahagia ketika bisa menurunkan berat badannya setelah operasi. Memberikan keleluasaan untuk mandi sendiri, dan berjalan dengan bantuan.

Meksiko sekarang ini tengah dihadapi krisis obesitas. Negara tersebut juga telah menjadi rumah bagi pria tergemuk di dunia sebelumnya bernama Manuel Uribe. Ia meninggal dunia tahun lalu setelah mencapai berat 560 kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.