Sukses

Fotografer Hobi Selfie Konyol dengan Hewan Liar

Allan Dixon bukan hanya berpose dengan hewan-hewan. Ia terlihat begitu akrab, tak jauh beda dengan karakter fiktif Dr Dolittle.

Liputan6.com, Wicklow - Allan Dixon, seorang traveler dan fotografer memiliki hobi unik, yakni berfoto selfie dengan hewan-hewan alam liar.

Dalam album fotonya, pria itu terlihat berpose selfie bersama hewan-hewan seperti quokka, unta, dan singa laut.

Allan bersama kanguru Albino. (foto: Daily Mail/Allan Dixon)

Dalam foto-fotonya, Allan (29) terlihat akrab dengan para hewan. Tak jauh berbeda dengan perilaku karakter fiktif Dr Dollittle, dokter hewan yang dalam kehidupannya dikelilingi berbagai macam binatang.

Seperti saat berfoto dengan quokka, wajahnya tampak sejajar dengan si hewan marsupial kecil asal Australia itu. Atau ketika selfie hanya berjarak beberapa sentimeter dari mulut seekor unta yang menganga.

Dalam beberapa foto, Allan yang berasal dari Wicklow, Irlandia ini juga melakukan pose ala musim liburan, memakaikan topi santa pada dirinya sendiri atau pada kawan berbulunya.

Allan 'bermesraan' dengan unta dan makan bersama bebek. (foto: Daily Mail/Allan Dixon)

Dengan mengunggah foto-foto di media sosial, Allan yang sudah bepergian ke Kanada, Islandia, Norwegia, menyeberangi Asia, dan Australia mendapati jumlah followers-nya meroket.

Allan menuturkan kepada Daily Mail:"Orang-orang yang menanggapi foto-foto ini semakin banyak. Setelah tiga foto, sepertinya saya harus melanjutkan tren ini.

"Antisipasi merayapi jaringan sosial saya, mengenai hewan apa saja yang akan diajak berfoto selanjutnya, dan dengan ekspresi apa?"

Allan berswafoto dengan hewan pertama kali pada 2010 dengan anjingnya. Namun, fotonya bersama anak unta di pedalaman Australia di tahun 2013, merupakan foto pertama yang membuat teman-temannya berkesan.

Sejak foto bersama unta itu, Allan yang bekerja di pemasaran di industri turisme, sudah mengambil foto bersama lebih dari 40 hewan, dan 30 spesies berbeda.

Walau dengan variasi gambar, petualang ini mengungkapkan beberapa foto yang diambilnya bagus untuk dipasang. Beberapa selfie dianggapnya terlalu 'normal', sedangkan ia ingin mengunggah foto-foto yang tak pernah dilihat orang sebelumnya.

Allan akrab dengan walabi dan quokka. (foto: Daily Mail/Allan Dixon)

Pendekatan ini membuat Allan bisa mengambil foto dengan anjing yang bermain-main di mobil, menangkap momen seekor bebek mengambil roti dari mulutnya, dan dipeluk kanguru merah.

Allan yang saat ini melakukan perjalanan di Australia Barat, menambahkan, "Ada sesuatu yang 'ajaib' mengenai hewan yang tak bisa Anda definisikan."

Foto bersama penyu di dasar laut pun dilakoni Allan. (foto: Daily Mail/Allan Dixon)

"Mereka tak bisa bicara, namun kita menerima keberadaan mereka.

"Mereka membawa kita kebahagiaan dan melepas stres, namun orang-orang menjauh dari alam setiap harinya.

"Saya merasa kesenangan yang besar saat berada bersama mereka, saking besarnya sehingga saya ingin membaginya dengan teman-teman saya, mencoba menangkap foto yang menekankan kebahagiaan para hewan dan perasaan yang mereka bawa."

Sejauh ini, Allan menggunakan teknik mirip dengan Dr Dolittle, mengajak bicara para hewan, namun ia mengakui tak ada teknik khusus dalam mengambil selfie-selfie menakjubkan tersebut.

Ternyata para hewan juga senang mengajaknya bicara. (foto: Daily Mail/Allan Dixon)

Ia hanya mengungkapkan faktor kuncinya adalah membuat para hewan nyaman dengan keberadaannya, dan kesabaran adalah kunci untuk pendekatan ini.

Ketika hewan-hewan sudah merasa nyaman, akan mudah baginya 'memperkenalkan' kamera, dan foto bisa diambil tanpa perlu ada pergerakan tiba-tiba, yang akan mengejutkan hewan.

Mengenai hewan yang menjadi favoritnya, Allan menyebutkan Quokka. Mereka ingin tahu, terlihat gembira, dan selalu ramah.

Allan berencana terus mengambil selfie dengan hewan di perjalanannya, membuat senang para followers-nya. (*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini