Sukses

Salah Sebut, Miss Colombia Batal Menang Miss Universe

Miss Colombia hanya menikmati menjadi pemenang selama beberapa detik.

Liputan6.com, Las Vegas - Final Miss Universe 2015 ditutup dengan kejadian mengejutkan sekaligus canggung. Miss Colombia dinobatkan sebagai pemenang, namun, ternyata juri menyebutkan nama yang salah.

Kontes kecantikan yang digelar di Las Vegas paling ditonton di dunia berakhir dengan kejutan dan airmata, ketika Miss Colombia gagal menjadi juara satu, dan gelar tersebut jatuh ke Miss Philippines, Ariadna Gutierrez.

Miss Colombia sudah dimahkotai dan menerima bunga serta momen kemenangan di panggung. Ketika Ariadna membungkuk mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan seperjuangannya di panggung, Steve Harvey, pembaca acara mengatakan: "Saya harus minta maaf" disambut teriakan riuh rendah dari penonton.

"Runner-up pertama adalah Colombia," ungkap Harvey. Dengan kata lain, Miss Colombia bukan juara pertama, melainkan juara kedua.

Miss Colombia harus puas 'hanya' menjadi pemenang kedua. (foto: News.com.au)

Penonton pun terpaku, sedangkan Miss Philipphines Pia Wurtzbach berjalan menuju tengah panggung sembari terlihat bingung.

Video rekaman kesalahan Harvey itu menjadi viral di media sosial, dan menjadikan Harvey bahan kritik para pengguna baik yang mengikuti ajang Miss Universe maupun yang tidak.

Pada pagelaran Miss Universe tahun ini juga, Indonesia dilirik dunia. Miss Indonesia Maria Harfani yang memenangkan gelar Runner Up ke-2 dan gelar "Beauty with a Purpose".

Peserta lain menenangkan Miss Colombia. (foto: News.com.au)

Miss Universe tahun ini juga menjadi pertama kalinya pagelaran tak dihadiri Donald Trump, yang sebelumnya memegang izin. Itu dikarenakan komentar kontroversialnya mengenai imigran, dikutip News.com.au, Senin (21/12/2015).

Pagelaran kecantikan internasional ini akan kembali di stasiun TV baru, dengan penyiar bahasa Spanyol, dan pemilik baru. Wanita berusia 19 sampai 27 tahun mewakili 83 negara berlaga memperebutkan gelar tercantik. Untuk pertama kalinya, penonton dari rumah bisa turut menilai, dan penilaian mereka dihitung sebagai tambahan penilaian dari juru selebriti.

Sebelumnya, NBCUniversal dan Trump merupakan wakil pemilik dari Organisasi Miss Universe, namun tidak lagi pada awal 2015.

Miliuner dan kandidat presiden AS itu menghina ras Hispanik pada Juni lalu, dan mengeluarkan pernyataan anti-imigrasi.

Itu membuat stasiun TV bahasa Spanyol, Univision menarik tayangan yang sudah berlangsung selama lima tahun, dan NBC memutuskan hubungan bisnis dengan Trump.

Maria Harfanti (AFP Photo)

Trump pun menjual organisasi yang juga menjadi penyelenggara Miss USA dan Miss Teen USA disamping Miss Universe kepada perusahaan entertainmen WME-IMG.

Saksikan video rekaman ketika Steve Harvey salah membaca nama pemenang Miss Universe!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.