Sukses

Jemaat ramaikan Kebaktian Gereja Bertemakan Star Wars

Beberapa hari yang lalu dikabarkan adanya gereja di Berlin yang akan menggelar kebaktian bertema Star Wars. Nah, beginilah jadinya.

Liputan6.com, Berlin - Beberapa hari yang lalu dikabarkan tentang rencana sebuah gereja di Berlin untuk mengadakan kebaktian dengan tema Star Wars. Ternyata ‘undangan’ tersebut mendapatkan tanggapan yang cukup baik.

Dikutip Huffington PostSenin (21/12/2015), sekitar 500 menyambut undangan dengan tangan terbuka, jumlah itu kira-kira dua kali lebih banyak dari jumlah pengunjung biasanya di gereja Zion.

Kata pendeta Lucas Ludeiwg (30) setelah kebaktian, “Kami gembira melihat begitu banyak orang datang ke gereja hari ini. Ternyata ada pembahasan yang menarik bagi orang-orang.”

Lanjutnya, “Mereka yakin kami tidak menjadikan mereka bagian dari layanan gereja tanpa membuatnya terlalu Kristen ataupun terlalu Star Wars, tapi ada kompromi yang baik.”

Selagi lagu tema Star Wars dimainkan dengan organ gereja di latar belakang, pendeta itu mengatakan bahwa gagasan itu muncul setelah berbincang dengan pendeta rekanan Ulrike Garve (29) tentang penayangan "Star Wars: The Force Awakens" pada Jumat lalu, 18 Desember 2015.

Kebaktian di gereja Zion di Berlin ini menggunakan tema Star Wars. (Sumber Huffington Post)

Menurut Ludewig, “Star Wars mengambil sejumlah penggambaran Kristen dan mungkin beberapa agama lain. Melalui kebaktian ini, terlihat bahwa Alkitab dan Gereja merupakan bagian dari budaya yang terus ditelaah dan ditafsir ulang.”

Seorang jemaat bernama Jonathan Wonneberger berpakaian sebagai pedagang Jawa dan melihat kebaktian itu sebagai perubahan dari tradisi.

Katanya, “Orang tidak harus memandang segala sesuatu yang religius dengan serius. Tentu saja harus tetap menaruh hormat, tapi kalau lagi ada kejadian global seperti Star Wars, boleh juga ikut meramaikan.”

Kebaktian di gereja Zion di Berlin ini menggunakan tema Star Wars. (Sumber Huffington Post)

Scott McGuire, hadirin yang memakai pakaian Chewbacca, mengaku berencana melihat film tersebut sesudah kebaktian. Katanya, “Menurutku pertanyaan tentang Tuhan sangat menarik, dan tapi jika harus bangun di pagi hari pada hari Minggu, kurasa tidka. Tapi, untuk sesuatu yang seperti ini, aku akan hadir.”

Demam Star Wars memang melanda berbagai sisi kehidupan manusia, misalnya melalui penciptaan drone bertema Star Wars seperti tayang dalam video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.