Sukses

Cacat, Seekor Kucing Menjalani Implan Kaki

Vincent si kucing tanpa kaki belakang memiliki kaki prostetik model terbaru yang dibuat dari titanium.

Liputan6.com, Iowa - Vincent si kucing lahir ke dunia tanpa kedua kaki belakangnya. Dalam usianya yang ketiga tahun, ia mendapat kaki prostetik yang terbuat dari titanium.

Berkat Lloyd Veterinary Medical Centre, Iowa University, si kucing motif tabby ini sekarang bisa berjalan bebas dengan kaki barunya.

Menurut dokter hewan Mary Sarah Bergh, kaki prostetik yang merupakan campuran besi ini merupakan model terbaru. Kaki prostetik Vincent merupakan implan yang  dipasang dengan cara menanamkannya ke dalam tulang. Sedikit sekali kucing yang memiliki kaki seperti Vincent-- berbentuk seperti tongkat besi.

Desain implan didesain sedemikian rupa membiarkan tulang si kucing tumbuh dalam tongkat-- mampu menyokong berat tubuhnya, menurut Telegraph, dikutip Senin (7/12/2015).

 

Namun pengembangan ini mengalami kendala dari sisi desain. Batang titanium yang terekspos memberikan resiko bagi Vincent terjangkit infeksi. Hal ini telah menjadi tantangan bagi Dr Bergh dan pemilik Vincent, Cindy Jones untuk mengembangkan terus kaki titanium si kucing.

Cindy, menemukan Vincent pertama kali di Story County Animal Shelter, Nevada. Ketika itu ia masih kecil, yang dibawa karena kehilangan kedua kaki belakangnya.

Operasi pertama Vincent dilakukan pada Februari 2014, dan ia bisa berjalan dalam hitungan hari setelah prosedur selesai. Sedangkan operasi kedua dijalani Vincent pada Februari 2015, dan ia menjalani perawatan rutin untuk memanjangkan kaki prostetiknya secara bertahap.

Mereka berharap kakinya akan cukup panjang di kemudian hari sehingga Vincent bisa berjalan seperti kucing-kucing lain pada umumnya. Nantinya, ia mampu berjalan lebih baik, bahkan mencoba melompat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.