Sukses

Australia Gelar Kompetisi Pidato Bahasa Indonesia Pertama

Ada 8 pemenang yang mendapatkan piala dan hadiah uang sekitar Rp 25 juta.

Liputan6.com, Melbourne - Australia untuk pertama kalinya menggelar kompetisi berbahasa Indonesia tingkat nasional. Pesertanya diminta untuk berpidato atau melakukan presentasi dalam bahasa Indonesia.

Lomba pidato berbahasa Indonesia yang dikenal dengan sebutan National Australia Indonesia Language Awards, atau NAILA ini untuk pertama kalinya digelar di tahun 2015.

Malam pemberian penghargaan kepada para pemenang digelar hari Jumat 20 November di kawasan Collins St, Melbourne.

Ada 8 pemenang yang mendapatkan piala dan hadiah uang. Mereka telah bersaing di kelas untuk sekolah dasar, menengah, menengah atas, perguruan tinggi, dan kelas profesional atau bagi mereka yang sudah bekerja.

Tidak hanya piala, tetapi mereka juga mendapat hadiah yang berkisar dari $300 (sekitar Rp 3 juta) dan $2.500 (sekitar Rp 25 juta).

Sebelumnya para peserta harus mengirimkan video yang berisi pidato atau presentasi dalam bahasa Indonesia, yang berkisar satu menit hingga lima menit, bagi mereka yang memperebutkan kategori profesional.

Topik-topik yang disarankan adalah seputar hubungan bilateral antara Australia dan Indonesia dengan topik-topik seperti seni dan budaya. Tak hanya itu ada pula diantara peserta yang mengirimkan video dengan isi penampilan mereka dalam menyanyi dan menari.

"Kelas-kelas berbahasa Indonesia di Australia terus menurun, karenanya kami berharap NAILA dapat mendorong pembelajaran bahasa Indonesia sekaligus menghargai [mereka dengan] kemampuan tingkat tinggi untuk lebih mendorong dalam berkomunikasi, menghargai, dan memahami kedua negara," ujar Sally Hill, pendiri sekaligus Direktur NAILA seperti dikutip dari Australia Plus, Senin (23/11/2015).

Dari hasil studi yang dilakukan oleh NAILA, bahasa Indonesia diajarkan secara luas di sekolah-sekolah, terutama di sekolah dasar dan menengah, setingkat SMP. Tetapi jumlahnya terus menurun. Selama kurun tahun 2001 hingga 2010, pendaftaran mahasiswa untuk mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia telah turun lebih dari 37 persen.

Menlu Menyambut Baik

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop menyambut baik kompetisi nasional berbahasa Indonesia pertama ini.

"Ini adalah inisiatif yang luar biasa bagusnya... semakin membuktikan pentingnya untuk belajar bahasa Indonesia, terlebih melalui program Colombo Plan yang baru akan ada sekitar 500 siswa Australia yang akan studi dan magang di Indonesia," ujar Bishop saat memberi kata sambutan lewat video di acara penganugerahan piala kepada para pemenang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh politisi Chris Bowen, Menteri Keuangan bayangan yang juga sedang belajar bahasa Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat kepada semua yang sudah mengikuti kompetisi ini," ujarnya dalam bahasa Indonesia saat memberikan kata sambutan.

NAILA adalah sebuah inisiatif yang digagas sejumlah anggota dari Perkumpulan Pemuda Australia Indonesia, atau Australia Indonesia Youth Asociation (AIYA). (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini