Sukses

Begini 10 Cara Dapatkan Kebahagiaan Tanpa Perlu 'Usaha'

Sudah berapa banyak buku 'mencari kebahagiaan' di rak Anda? Sudah bertemukah dengan apa itu bahagia? Simak tipsnya berikut ini, kalau belum.

Liputan6.com, Ohio - Kebahagiaan menjadi tujuan hidup banyak orang. Buku-buku mengenai strategi kebahagiaan bermunculan pada puluhan tahun terakhir, nasihat pun umum kita dengar.

Hasilnya, beragam cara 'mencapai kebahagiaan' kita sudah mendengar. Dari yang sesederhana menelepon orangtua, sampai saran yang perlu dilatih dalam jangka waktu tertentu, seperti tidak membandingkan diri dan orang lain.

Ada juga strategi yang tak sulit, namun memiliki efek luar biasa. Dalam beberapa tahun belakangan, tak banyak psikolog ataupun motivator yang membicarakannya.

Pada Psychology Today, Minggu (22/11/2015), Ryan M. Niemiec Psy.D, psikolog dan direktur edukasi dari VIA Institure yang berbasis di Ohio, mengungkap 10 tips tak terduga, yang bisa meningkatkan kebahagiaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengeluaran Proporsional

1. Surat dari masa depan

Niemiec menyarankan Anda untuk menulis surat dari 'diri Anda di masa depan'. Dalam surat, deskripsikan hidup positif yang Anda inginkan, target yang ingin Anda capai, dan bagaimana Anda menggunakan sifat-sifat Anda untuk mencapainya.

2. Pengeluaran prososial

Pada teman, atau orang asing yang membutuhkan, keluarkan uang untuk diberikan pada mereka, atau dalam bentuk hadiah.

3 dari 6 halaman

Berkhayal

3. Kekuatan diri

Periksa 5 karakter yang menjadi kelebihan Anda, saat sudah mengetahuinya, tuliskan bagaimana Anda bisa menggunakan masing-masing kekuatan dalam pekerjaan sehari-hari Anda. Usahakan menulis sejelas dan sespesifik mungkin.

4. 'Jelajah waktu' positif

Sebelum Anda pergi tidur, pejamkan mata dan dengan jelas bayangkan setidaknya empat momen positif yang bisa terjadi pada esok hari. Bayangkan diri Anda menggunakan kelebihan Anda di tiap momen.

4 dari 6 halaman

Berkomedi ?

5. Tiga hal lucu

Pada akhir hari, tuliskan tiga hal lucu yang terjadi pada Anda hari ini, dan mengapa ada kejadian demikian.

6. Subtraksi mental

Secara mental, pikirkan satu aspek positif dalam hidup. Contohnya, kesehatan, hubungan baik dengan kekasih atau teman, atau pencapaian tertentu.

Kontemplasikan seperti apa kehidupan Anda tanpa satu hal itu. Lalu, tuliskan bagaimana hidup Anda akan berbeda tanpa itu.

5 dari 6 halaman

Waktu Berharga

7. Kelangkaan waktu

Coba pikirkan dan sadari, berapa banyak waktu yang Anda miliki sebelum titik akhir kehidupan yang terjadwal, seperti waktu Anda pensiun, lulus, dan menjalani operasi.

Tuliskan nilai dan pentingnya situasi Anda saat ini, dan bagaimana waktu adalah sesuatu yang langka dan berharga.

8. Satu pintu tertutup, satu pintu terbuka

Coba ingat-ingat momen dalam hidup Anda, di mana ada aura negatif yang mengantarkan Anda pada konsekuen positif. Tuliskan momen ini satu kali dalam seminggu.

6 dari 6 halaman

Membantu Orang...

9. Membangun 'kelemahan'

Sementara Anda bekerja mengoptimalkan karakter yang menjadi kekuatan, Anda bisa meningkatkan hal yang merupakan kelemahan Anda.

Gunakan satu dari kelebihan Anda untuk meningkatkan satu kekurangan.

10. Hadiah dari waktu

Berikan setidaknya tiga "hadiah waktu" minggu ini dengan cara membantu tiga orang berbeda dengan cara yang sama.

Hadiah bisa kecil atau besar, namun penting untuk melakukan hal yang di luar aktifitas terencana Anda dalam minggu ini. (Ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini