Sukses

Baru Berusia 15 Tahun, Pemuda Ini Ciptakan Robot Mirip Manusia

Pemuda tersebut adalah Dmitris Hatzis, yang tinggal di sebuah kota di bagian utara Yunani bernama Kavala.

Liputan6.com, Yunani - Terinspirasi dari sebuah film fiksi bertema sains berjudul Real Steel yang dibintangi oleh Hugh Jackman pada 2011, seorang pemuda asal Yunani berumur 15  tahun menjadi orang termuda di dunia yang berhasil menciptakan sebuah robot humanoid yang penampilannya mirip dengan tubuh manusia.

Tak hanya itu, robot itu juga dapat meniru gerakan manusia serta dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara fasih.

Troopy adalah nama pemberian Dmitris bagi robot ciptaannya.

Pemuda tersebut adalah Dmitris Hatzis, yang tinggal di sebuah kota di bagian utara Yunani bernama Kavala. Dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun bagi Dimitri untuk menyelesaikan proyeknya dengan seorang pematung dan desainer asal Perancis Gael Langevin.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun bagi Dimitri untuk menyelesaikan proyeknya dengan seorang pematung dan desainer asal Perancis Gael Langevin.

"Meskipun usianya jauh lebih tua, namun saya secara teratur terus berkomunikasi dengannya dan bekerja dengannya layaknya teman sebaya," ungkap Dimitri seperti dikutip dari Oddity Central, Senin (9/11/2015).

Troopy adalah nama pemberian Dmitris bagi robot ciptaannya. Ia membuatnya dari 475 bagian yang dicetak dengan menggunakan plastik 'Acrylic Butadien Styrene' (ABS), sejenis plastik yang digunakan sebagai rangka atau casing peralatan elektronik, misanya monitor komputer, printer, dan keyboard.

Beberapa fitur kunci yang ada robot Troopy adalah mata, gerakan kepala, dan gerakan lengan. Selain itu, robot yang memilki tinggi badan 1,85 meter ini juga secara akurat mampu meniru gerakan manusia, dan berkomunikasi dengan fasih dalam bahasa Inggris.

Pemuda tersebut adalah Dmitris Hatzis, yang tinggal di sebuah kota di bagian utara Yunani bernama Kavala.

Tak heran jika dalam sebuah kejuaraan bertema Industrial Informatics Festival I2fest yang diselenggarakan di Kanavala tahun ini, Troopy menjadi juaranya. (Mar/Rie)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini