Sukses

Finlandia Secara Resmi Meluncurkan Emoji Kekhasan Negara Mereka

Finlandia meluncurkan 30 emoji kekhasan negara mereka. Hingga kini 3 emoji sudah terungkap, salah satunya Nokia 3310.

Liputan6.com, Helsinki - Kementrian Luar Negeri Finlandia secara resmi meluncurkan emoji khas negara mereka, diantaranya gambar ponsel Nokia 3310 yang tahan banting dan ada di mana-mana.

Sedikitnya ada 30 gambar yang tersedia untuk diunduh, mewakili “hal-hal penting terkait negara Finlandia," ungkap Kementrian Luar Negeri Finlandia.

Dilaporkan BBC, Rabu, 3 November 2015, tiga emoji pertama yang telah diungkapkan adalah gambar seorang pria dan seorang wanita sedang menikmati sauna, lalu ponsel Nokia 3310 yang digandrungi sebelum kemunculan telepon pintar, dan seorang headbanger-- melambang kecintaan negara Nordik itu terhadap musik cadas.

Direktur Kebijakan Publik, Petra Theman mengungkapkan, “Emoji Finlandia ini dibuat untuk 'lucu-lucuan'. Tapi saya harap mereka tak hanya bercerita tentang kekhasan kami, tapi juga tentang kekuatan kami-- seperti, kejujuran.”

Emoji dirancang bersama dengan agensi pemasaran, terdapat dalam fitur kalender online dalam 13 bahasa, diantaranya China, Arab, dan Hindi.

Kemenlu negara tersebut menyatakan bahwa mereka menjadi negara pertama yang meluncurkan emoji sendiri.

Dengan peluncuran emoji ini, surat kabar Ilta-Sanomat bertanya kepada warga melalui polling terkait peluncuran emoji tersebut. Sejauh ini para pembaca tampaknya senang dengan ide pemerintah-- dari 4.400 suara, sekitar 75% warga memberikan 'acungan jempol'.  

Namun, mereka yang memberi komentar cenderung lebih skeptis terhadap gagasan itu. Seseorang menjelaskan headbanger dianggap 'cengeng', sementara seseorang lainnya mengatakan bahwa gambar pria dan wanita di dalam sauna bisa saja mewakili negara-negara Nordik lainnya.

Sementara seseorang yang mendukung berujar, “Ayo sebarkan stereotip Finlandia di dunia maya!”

Disamping itu, warga juga memberikan usulan mereka terhadap apa yang seharusnya dijadikan emoji. Mulai dari gagasan sederhana seperti bendera Finlandia, hingga gambar botol vodka mereka sebutkan.

Menurut Anda emoji apa yang cocok untuk emoji Indonesia? Kebakaran hutan? Jalanan macet? (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini