Sukses

5x3=5+5+5 Dianggap Salah, Guru Dikecam di Dunia Maya

Dua pertanyaan dengan jawaban yang benar dianggap salah oleh seorang guru, menuai kecaman di dunia maya.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Penilaian seorang guru terhadap ujian seorang anak muridnya mengundang kemarahan di dunia maya. Pasalnya, sang pembimbing mengurangi satu poin dalam lembar jawaban, meskipun siswanya telah memberikan jawaban yang benar.

Dikutip dari News.com.au, (29/10/2015) foto yang ditampilkan melalui Reddit, memperlihatkan lembar jawaban murid dengan pengurangan nilai hanya karena cara ia mendapatkan solusi dari jawabannya.

Melihat dari dasar operasi perkalian, pertanyaan pertama murid diminta untuk menjumlahkan 5x3 dengan menggunakan pertambahan berulang.

Murid menjawab 5+5+5+ = 15. Jawaban itu disalahkan oleh guru yang mengatakan jawaban yang benar adalah 3+3+3+3+3=15.

Jawaban murid dianggap salah oleh guru meskipun memberikan jawaban yang benar. (News.com.au)

Sementara itu pertanyaan kedua-- murid diminta untuk menggambarkan susunan dengan perhitungan lidi untuk perkalian 4x6.

Murid menjawab pertanyaan dengan menggambar 6 baris berupa 4 lidi, namun jawaban dianggap salah oleh guru yang mengatakan perhitungan yang benar adalah 4 baris berupa 6 lidi.

Murid disalahkan hanya karena cara ia menemukan solusi dari pertanyaan yang diberikan. (News.com.au)

Guru fisika dan matematika dari sebuah SMA di New York, Frank Noschese mengatakan pertanyaan-pertanyaan dalam tes merupakan Common Core atau standar umum AS yang harus diketahui murid dalam bahasa Inggris dan Matematika dalam setiap kenaikan kelas.

"Standar tersebut hanya mengungkapkan apa yang harus diketahui dan dilakukan oleh seorang murid, dan bukan ajaran aktual," ungkapnya kepada Tech Insider.

Noschese mengatakan, sementara standar umum adalah penentu untuk kenaikan kelas, ketentuan ini bervariasi di bagi setiap negara bagian, wilayah, dan guru.

"Jika guru secara jelas mengatakan 5x3 berarti 3+3+3+3+3 dan 4x6 adalah 6+6+6+6, jawaban itu salah, karena penafsiran paksaan oleh guru, "ungkapnya. 

"Namun jawaban murid secara matematis juga benar. Anak-anak pada umumnya tahu bahwa 5+5+5 =15 sama halnya dengan 3+3+3+3+3 = 15."

Apakah anda tahu atau ingat, bahwa hal serupa juga pernah terjadi di Indonesia? Ketika itu mahasiswa teknik mesin Universitas Diponegoro (Undip) Muhammad Erfas Maulana dibuat heran dengan tugas adiknya yang dianggap salah oleh guru. 

Guru meminta adik Erfas menyatakan 4+4+4+4+4+4 dalam operasi perkalian-- namun jawaban 4x6 dianggap salah. Hal inilah yang kemudian menjadi perdebatan, 4x6 atau 6x4. (Rcy/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.