Sukses

Vladimir Lenin 'Disulap' Menjadi Darth Vader di Ukraina

Upaya dekomunisasi negara dilakukan secara kreatif oleh seniman Alexander Milov, dengan mengubah patung Vladimir Lenin menjadi Darth Vader.

Liputan6.com, Odessa - Proses dekomunisasi suatu bangsa bisa saja dilakukan secara kreatif-- hal terbukti dengan keberadaan patung Vladimir Lenin yang diubah menjadi Darth Vader di Ukraina.

Patung pemimpin pada era komunisme di Odessa, Ukraina, Vladimir Lenin diubah menjadi tokoh penjahat dalam film Star Wars.

Menurut media setempat, seniman dibalik ide ini, Alexander Milov mengganti kepala Lenin denga kepala milik Darth Vader. Sementara bagian tubuhnya diberikan bahan-bahan baru dan dicat kembali.

Milov, mengubah patung pada era soviet itu setelah peraturan dekomunikasi diberlakukan di Ukraina, yakni memusnahkan sisa-sisa dan lambang komunis di negara tersebut.

Dikutip dari Ukraine Today (26/10/2015), patung diungkapkan kepada umum pada Jumat lalu , 23 Oktober 2015 di bagian selatan kota Odessa, Ukraina.

Salah satu fitur dalam pengubahan patung itu adalah pemasangan Wi-Fi pada bagian kepala Darth Vader yang diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Alexander Milov, yang memperlihatkan karya-karyanya dalam Festival Burning Man di Nevada, Los Angeles pada tahun ini mengatakan, “Patung Vladimir Lenin perunggu ada di dalam Darth Vader, memberikan kesempatan kepada keturunannya —dengan bangga atau tidak— bisa membangkitkannya jika perlu kalau perlu.“ (Alx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini