Sukses

Sandwich Tak Sesuai Ukuran, Restoran Siap Saji Subway Digugat

Restoran Subway kini mengukur panjang roti sajian mereka seperti yang diiklankan guna memastikan memiliki panjang yang dijanjikan.

Liputan6.com, Milford - Jangan sembarang mengumbar janji melalui iklan.Jika tak sesuai dengan kenyataan, pelanggan bisa saja menuntut perusahaan.

Restoran Subway terpaksa menggunakan penggaris khusus di gerai-gerai mereka untuk memastikan bahwa sandwich mereka memang benar 30 centimeter. Hal ini dilakukan setelah mendapatkan gugatan bersama (class action lawsuit) dua tahun lalu di mana seorang pelanggan menemukan roti lapis buatan mereka 27,5 centimeter.

Pada tahun 2013 ketika warga asal Asutralia, Matt Corby, mengunggah foto ke Facebook yang menyandingkan roti sandwich Subway dengan sebuah meteran. Gambar yang merebak di dunia maya ini membuktikan bahwa panjang roti itu hanya kurang dari 30 centimeter seperti yang dijanjikan oleh Subway dalam iklan.

Menurut Daily Mail, gugatan hukum kemudian diajukan dari Chicago dan di kawasan Pantai Timur, AS-- mereka masing-masing menuntut ganti rugi atas kekurangan 2,5 centimeter pada roti lapis.

Gugatan hukum di Chicago diajukan oleh Nguyen Buren yang mengungkapkan roti pesanannya kurang dari 27,5 centimeter dan ditengarai menjadi ‘pola kepalsuan, kebohongan dan bahkan praktek periklanan, penjualan, dan pemasaran yang tidak pantas.’

Pengacara Tom Zimmerman, mewakili Nguyen Buren melawan Doctor’s Association Inc, induk perusahaan Subway, mengutip melalui Chicago Tribune, “Ini tidak ada bedanya dengan seseorang yang membeli 1 lusin telur, tapi hanya mendapatkan 11 butir, namun tetap membayar untuk harga 12 butir telur.”

Bersamaan dengan itu, ada dua orang pria yang mengajukan gugatan serupa di pengadilan negara bagian New Jersey dan meminta ganti rugi sebesar 68,3 miliar rupiah!

Dengan sejumlah keluhan yang muncul, pengacara Tom Zimmerman berharap gugatan dapat ditarik kembali dan diajukan ke pengadilan federal, untuk dijadikan gugatan bersama.

Pegawai Subway, seperti dalam gambar ini, akan diwajibkan menggunakan penggaris khusus untuk memastikan panjang sandwich mereka. (Sumber Alamy via Daily Mail)

Sebagai bagian dari proposal baru, Subway kini akan menyediakan materi pelatihan baru untuk memastikan bahwa para pegawainya menjual sandwich dengan panjang 30 centimeter. Subway juga akan menerapkan hukuman denda yang lebih ketat pada cabang-cabang yang tidak bisa memenuhi standar terbaru yang diduga akan ditetapkan pada Januari 2016 mendatang.

Sebelumnya, Subway telah memberikan tanggapan terhadap keluhan di Australia, “Kami akan terus bekerja keras guna menjamin konsitensi dan panjang sandwich yang kami jual. Komitmen kami adalah untuk tetap memastikan bahwa setiap produk Subway Footlong memang sepanjang 30 centimeter di setiap lokasi di seluruh dunia.” (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini