Sukses

Adegan 'The Simpsons' Jadi Ilham Mata Uang Baru

Sejumlah warga Australia mengajukan petisi untuk mengganti nama mata uang dollar Australia menjadi Dollarydoos.

Liputan6.com, Canberra - Dalam situasi ekonomi yang kurang baik, banyak usulan diajukan untuk memperbaikinya. Misalnya di Australia. Seorang warga menggagas petisi untuk mengganti nama mata uang Australia sebagai cara yang dianggapnya dapat memperbaiki keadaan ekonomi negara kanguru itu.

Dilaporkan dalam Time pada 16 Oktober 2015 lalu, Thomas Probst menggagas petisi melalui laman Change.org untuk memohon penggantian nama mata uang Australia menjadi mata uang sesuai dengan suatu adegan film The Simpsons tahun 1995, ‘Dollarydoos’.

Pada saat pelaporan dalam laman Time itu, sudah ada lebih dari 7.000 orang yang mendukung petisi secara daring itu. Sasarannya adalah untuk menggalang 7.500 pendukung petisi.

“Karena merosotnya harga komoditi global, ekonomi Australia kewalahan,” demikian ditulis Thomas Probst untuk disampaikan kepada Menteri Muda Komunikasi & Penyiaran, dan 3 orang anggota dewan legislatif.

Selanjutnya, ditulis dalam petisi itu, “Inilah sebabnya kita memerlukan sesuatu untuk merangsang ekonomi Australia dengan mengubah nama mata uang Australia menjadi ‘Dollarydoos’.”

Nama itu mengacu kepada suatu episode tahun 1995 dari serial The Simpsons, ‘Bart vs. Australia’. Dalam episode itu dikisahkan bagaimana seorang ayah Australia mengamuk karena Tobias, anak lelakinya, membayarkan panggilan telepon selama 6 jam dari seseorang di Amerika Serikat. Panggilan telepon internasional itu berbiaya 900 Dollarydoos.

Menurut petisi itu, perubahan nama ini akan membuat jutaan orang di seluruh dunia ingin memegang mata uang Australia yang terilhami The Simpsons, sehingga menguatkan nilai mata uang Australia. (Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini