Sukses

Pecahkan Rekor Roti 'Baguette' 122 Meter, Terpanjang Sedunia

Sepotong roti 'baguette' yang dipamerkan dalam Milan World Expo 2015 memecahkan rekor sebagai yang terpanjang sedunia.

Liputan6.com, Milan - Sekitar 60 orang tukang roti Prancis dan Italia bekerja sama memanggang roti ‘baguette’ sepanjang 122 meter dengan menggunakan oven khusus. Setelah selesai, mereka mengulas roti tersebut dengan selai coklat Nutella dan membagikannya kepada para pengunjung pameran di Milan, Italia.

Dikutip Senin, (19/10/2015) dari The Guardian, seorang hakim dari Guinness World Records telah mencatat roti yang ikut serta dalam Milan Expo 2015 itu sebagai roti ‘baguette’ terpanjang sedunia.

Karena panjangnya itu, mereka menggunakan pemanggang portabel khusus dan memanggang roti tersebut hanya 20 meter per jam, padahal udara di luar sudah mulai dingin.

Dominique Anract, salah seorang tukang roti yang terlibat sekaligus pemilik toko roti La Pompadour di Paris mengatakan, “Sukar membuat baguette sebesar ini karena kami berada di luar. Udaranya dingain dan kami berada di luar, tidak gampang untuk mengembangkan bahannya. “ Untunglah, bungkusan plastik membantu melindungi bahan rotinya.

Sepotong roti 'baguette' yang dipamerkan dalam Milan World Expo 2015 memecahkan rekor sebagai yang terpanjang sedunia. (Sumber Chicago Tribune)

Ferrero, perusahaan pembuat makanan dari Italia, mendukung upaya memecahkan rekor 111 meter yang selama ini dipegang oleh suatu kelompok pasar swalayan Prancis. Setelah diresmikan sebagai pemegang rekor, roti ‘baguette’ itu diiris-iris dan diolesi dengan selai coklat Nutella keluaran Ferrero untuk kemudian dibagikan kepada para pangunjung yang ikut meramaikan upaya pemecahan rekor tersebut.

Pemecahan rekor roti terpanjang ini merupakan yang paling ‘kecil’ dibandingkan dengan pemecahan rekor lain dalam acara Expo yang berlangsung selama 6 bulan hingga 31 Oktober 2015 ini. Salah satu pemecahan rekor adalah untuk pizza terpanjang sedunia, sepanjang 1,5954 kilometer. (Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini