Sukses

Ternyata Nenek Moyang Kanguru Pelompat yang Buruk

Selain itu, nenek moyang kanguru berjalan tegak dengan dua kaki, seperti manusia.

Liputan6.com, New South Wales - Seekor kanguru dikenal berjalan dengan cara melompat atau menggunakan keempat kakinya untuk melangkah. Namun tahukah Anda bahwa nenek moyang kanguru dulunya berjalan dengan dua kaki seperti manusia?

Sebuah studi dari Brown University di Rhode Island menunjukkan marsupial raksasa dengan wajah mirip kelinci itu berjalan tegak dengan dua kaki.

Dilansir dari Livescience , Jumat (16/10/2015), spesies sthenurine yang sudah punah ini memiliki ukuran yang lebih besar dari yang ada sekarang. Bahkan, besarnya tiga kali lipat dari ukuran kanguru yang masih berkeliaran saat ini.

Pemimpin penelitian, Christine Janis, mengatakan bahwa nenek moyang kanguru ini pernah menjelajahi pedalaman Australia pada 100 ribu sampai 30 ribu tahun lalu. Namun mereka terbilang hewan pelompat yang buruk.

"Kanguru modern tampak tidak seperti lazimnya kanguru," kata Janis, yang juga seorang profesor ekologi dan biologi evolusi.

Dengan tubuh ramping yang efisien untuk bergerak cepat, kanguru modern lebih seperti cheetah

Dengan tubuh ramping yang efisien untuk bergerak cepat, kanguru modern lebih seperti cheetah di lingkungan keluarga kucing besar.

Sementara itu, Pakar Paleontologi dari University of New South Wales, Australia, Karen Black mengatakan nenek moyang kanguru tidak hanya memiliki tubuh yang besar, melainkan juga bertubuh padat dengan moncong pendek. Mereka tidak mempunyai konfigurasi tubuh yang memungkinkan untuk melompat tinggi, seperti tulang belakang fleksibel, kaki panjang yang proporsional, serta ekor yang besar.

"Sebaliknya, kanguru purba memiliki tulang belakang yang lebih kaku, pinggul lebih besar, lutut lebih besar, dan ekor kecil," ujar Black.

Postur tubuh kanguru purba lebih tegak dan berguna untuk berjalan dengan dua kaki seperti manusia. (Dsu/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini