Sukses

Kehausan, Kepala Macan Tutul Terperangkap dalam Ceret

Butuh waktu 5 jam untuk menyelematkan hewan malang itu.

Liputan6.com, Sadulkhera - Macan Tutul termasuk hewan pemburu yang paling pandai menyamar sekaligus pelari tercepat sedunia. Tapi, kalau kepalanya terjebak di dalam wadah air minum, manusia malah bingung bagaimana cara menolongnya.

Dikutip dari NDTV, seekor macan tutul diduga kehausan, kabur dari kawasan pelestarian Kumbhalgarh, menuju desa Sadulkhera, utara India, negara bagian Rajasthan.

Hewan yang diketahu berkelamin jantan ini akhirnya mendapati air. Sayangnya, air itu berada di dalam teko aluminium milik salah seorang warga desa. Tak peduli, ia tetap memasukkan kepalanya.

Malangnya, kepala hewan itu tersangkut di dalam wadah.

Kepala leopard ini terjebak dalam wadah air minum (sumber NDTV)

Warga sekitar kemudian berkumpul di sekeliling hewan itu untuk mengambil gambar dan merekam video.  Butuh 5 jam untuk menyelamatkan hewan malang itu.  Setelah tim hewan liar menggunakan suntika  pembius, mereka kemudian membantu melepaskan wadah air dari kepalanya.

Kepala leopard ini terjebak dalam wadah air minum (sumber NDTV)

"Macan tutul jantan ini berusia sekitar 3 tahun. Ia sedang berada di bawah pengawasan. Ia sudah diperiksa oleh seekor dokter hewan dan sepertinya baik-baik saj," kata Kapil Sharma, Petugas Hutan Kawasan Udaipur.

Petugas itu melanjutkan, "Hewan itu nantinya akan dilepaskan di hutan. Tidak mudah mengatakan dari mana tempat asalnya karena kawasan pelestarian Kumbhalgarh berjarak sekitar 20 kilometer jauhnya."

India melaporkan bahwa populasi macan tutul di negaranya berjumlah 12 ribu hingga 14 ribu.(Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini