Sukses

11 Tahun Hilang, 'Dennis the Manace' Kembali ke Rumahnya

Ditemukan 4.500 kilo meter dari rumahnya, 'Dennis' nyaris dileburkan di tempat daur ulang.

Liputan6.com, Monterey - Sebuah patung perunggu yang hilang dari sebuah taman kota di Monterey, California, pada Oktober 2006 kembali kepada penciptanya, Hank Ketcham. Patung itu sendiri menggambarkan tokoh kartun bocah lelaki bandel Dennis the Menace.

Menurut Huffington Post, selama ini tidak ada yang mengetahui nasib patung setinggi 107 cm tersebut hingga akhirnya ditemukan bulan lalu di Brothers Scrap Metals di kota Orlando, Florida. Merujuk kepada Google Maps, jarak antara dua kota itu adalah sekitar 4549 kilometer!

Jarak Monterey - Orlando menurut Google Maps

Patung perunggu yang beratnya hampir mencapai 91 kilogram itu nyaris dilumatkan di tempat daur ulang di Florida tersebut. Untunglah, pemilik tempat daur ulang itu mengenali tokoh kartun Dennis the Menace tersebut dan menyadari keunikan patung tersebut. Menurut SFGate.com, pemilik tempat daur ulang tersebut kemudian mengetahui soal pencurian patung perunggu itu melalui penelusuran internet.

Patung itu akhirnya tiba di Balai Kota pada Selasa lalu, 22 September 2015. Menurut stasiun KION yang dikutip Huffington Post, pihak berwenang merencanakan memberikan hadiah US$ 5 ribu atau sekitar Rp 73 juta, kepada pengusaha daur ulang tersebut karena telah menemukan patung yang nilainya ditaksir berkisar antara US$ 25 ribu hingga US$ 30 ribu itu, senilai antara  Rp 369 juta hingga Rp 443 juta.

Gambar dari baynews9.com

Namun, kepolisian Monterey hendak memastikan dulu keaslian patung Dennis the Menace tersebut.

Direktur Layanan Masyarakat di kota Monterey, Kim Bui-Burton, mengatakan kepada Monterey County Weekly, bahwa pihak yang berwenang sedang mencari ciri-ciri khusus patung buatan seniman Wah Ming Chang itu untuk memastikan keasliannya.

Letnan Jeff Jackson dari pihak kepolisian mengatakan kepada harian itu bahwa jika patung itu bukanlah patung yang asli, maka patung itu akan dikembalikan ke Florida atau disimpan saja. Katanya, “Belum tentu kami bisa memastikannya. Kami tidak bisa melakukan uji DNA, tapi bisa mencari sidik-sidik jari.”

Sementara itu, laporan stasiun KSBW menyebutkan suatu patung Dennis the Menace lain yang dipajang di depan Rumah Sakit Anak Arnold Palmer di Orlando, Florida, juga hilang beberapa tahun yang lalu. (Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini