Sukses

Anjing Laut Ini 'Asik Berseluncur' di Punggung Paus Bungkuk

Momen langka tertangkap kamera, seekor anjing laut asik berseluncur di punggung paus bungkuk

Liputan6.com, Eden - Seorang fotografer tak sengaja menangkap momen langka 'persekutuan' antara anjing laut dan paus bungkuk di perairan laut Eden, New South Wales, Australia

Awalnya Robyn Malcom ingin 'hunting' foto paus yang sedang mencari makan di perairan tersebut. Laut Eden, terkenal dengan lokasi ikan yang banyak bagi para paus.

Tak disangka ia melihat seekor anjing laut mendekati kumpulan paus tersebut.

"Saat motret paus, semua bergerak cepat. Dan tanpa kusadari, aku melihat seekor anjing laut di punggung salah satu paus itu," kata Malcom kepada Sydney Morning Herald, Selasa 16 September 2015.

Menurut ahli Taman Nasional dan Satwa Langka NSW, Geoff Ross, 'pasangan' itu benar-benar situasi langka, meskipun sebelumnya ia pernah mendengar cerita ini.

Anjing Laut Ini ' Asik Berseluncur' di Punggung Paus Bungkuk. Ia tampak menikmati 'kendaraannya' itu (BBC)

"Kemungkinan si anjing laut mencoba menghindar dari paus pembunuh, oleh karena itu, dia melompat dan... mendarat di punggung paus tersebut," jelas Ross.

"Cara makan Humpbacks-- atau paus bungkuk yang tertangkap oleh kamera sepertinya kawanan ini melingkari ikan-ikan lalu menyedotnya. Sebuah cara yang unik. Kami baru mengetahuinya di pantai ini setelah dari foto Malcom," tambahnya.

"Bisa jadi, si anjing laut juga sedang mencari ikan-ikan yang bergerombol, dan dia berada di tengah-tengahnya."

Bulan September dan Oktober adalah bulan paling dinanti-nantikan oleh penikmat wisata paus. Karena, di perairan Eden dan Narooma, wisatawan bisa menyaksikan para paus makan dan istirahat sebelum mereka kembali ke Antartika.

Foto langka anjing laut dan paus bungkuk menambah keunikan 'hubungan' antar hewan yang janggal.

Bulan Maret lalu, fotografer amatir Martin Le-May tak sengaja memotret musang kecil yang numpang di punggung burung woodpecker di Taman Hornchurch Country Peak, timur London.

"Ini momen yang langka luar biasa," kata Le-May. Fotonya tersebar di beberapa media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Jason Ward dan mendapat re-Tweet hingga 8 ribu kali.

Bulan Juni, satu keluarga juga menangkap gambar langka di mana seekor rakun menumpang punggung buaya di sebuah taman nasional di Florida. 

Rakun asik numpang pungung buaya (BBC)

"Kami beruntung bisa mendapatkan foto ini," kata Richard Jones, seperti dikutip BBC, Jumat (18/9/2015) (Rie/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.