Sukses

Lelang Mobil Aston Martin Langka dan Unik di Inggris

Mobil yang dilelang ini masih memiliki mesin asli berukuran 5340 cc, namun dalam keadaan yang sangat tidak lengkap.

Liputan6.com, Duxford- Sebuah mobil yang sudah berkarat dan usang dibawa ke rumah lelang dengan harapan memiliki nilai jual yang tinggi. Namun tak di sangka rongsokan itu adalah mobil produksi tahun 1971 itu bukan mobil sembarangan.

Dalam situs Aston Martin, disebutkan bahwa Aston Martin “Sotheby Special” adalah suatu versi langka dan hanya dibuat 3 buah. Badan mobil ini dibuat dari serat gelas yang terhubung pada kerangka DBS V8.

Gambar dari astonmartin.com

Sebetulnya, versi langka ini digunakan sebagai sarana iklan yang dilakukan antara pabrik rokok WD & HO Willis dengan rumah lelang Sotheby’s. Rancangannya sendiri digagas oleh Ogle Design.

Di antara 3 mobil yang ada, hanya satu saja yang sekarang ini digunakan di jalan raya dan memiliki STNK. Mobil tersebut bertugas keliling Inggris dan Eropa sebelum akhirnya dipakai sebagai mobil promosi untuk tim Graham Hill dalam Grand Prix.

Gambar dari astonmartin.com

Namun ada satu mobil yang dilakukan melalui pesanan pribadi-- hal ini dilakukan setelah orang tersebut menyaksikan kendaraan itu dalam siaran Tomorrow’s World di BBC.

Atas permintaannya Aston Martin menyanggupi Pembuatan secara khusus untuk penggemar ini dengan harga lebih dari 631 juta rupiah (nilai tahun 1973), padahal Aston Martin Saloon pada saat itu senilai 192 juta rupiah.

Mobil langka ini memiliki atap yang terbuat dari kaca tembus pandang dengan sejumlah rangka Reynolds dan interior hijau yang mencolok. Mobil yang dilelang ini masih memiliki mesin asli berukuran 5340 cc, namun dalam keadaan yang sangat tidak lengkap. Banyak sekali yang harus diperbaiki.

Gambar dari astonmartin.com

Salah satu ciri uniknya adalah 22 lampu belakang yang berjejer menyala seiring dengan tekanan kaki pada rem mobil, semakin lama menginjak rem semakin banyak lampu yang akan menyala.

Gambar dari astonmartin.com

Dari situs Automobile, mobil langka ini akan dilelang oleh H and H Classic Auctions di Imperial War Museum di Duxford, Inggris, pada pertengahan Oktober tahun ini. Taksiran harga berkisar antara 2,2 hingga 2,6 miliar rupiah. Berminat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini