Sukses

Detik-detik Aliran Bandang Hanyutkan Pelancong di Air Terjun

Selagi melakukan lintas alam, sekelompok pemuda mengalami serbuan aliran bandang sungai ketika sedang berada di air terjun di sungai itu.

Liputan6.com, Maui, Hawaii Selagi melakukan lintas alam di Maui, Hawaii pada akhir Agustus lalu, sekelompok pemuda diterjang arus sungai yang deras ketika sedang bersantai di air terjun. Keadaan semakin mengkhawatir ketika melihat salah seorang pendaki sedang memanjat taman bermain tropis itu.

Dikutip dari Huffington Post, Renee Losano, salah seorang anggota rombongan, menuliskan pengalamannya dalam blog beberapa saat setelah kejadian,

Pada saat itu aku berpikir, `tak ada pilihan lain selain menyaksikkan temanku hilang dan tewas ditelan terjangan air, sementara aku tak bisa berbuat apa-apa.` 

Beruntung, perkiraan awal Losano salah. Semua pendaki ternyata selamat dan kebetulan drone miliknya merekam kejadian itu.

“Aku tidak tahu drone sedang mengambil gambar apa pada saat itu. Aku hanya berpikir untuk menerbangkannya sangat tinggi agar tidak terkena bahaya selagi aku memanjat ke daratan yang lebih tinggi.”

Pada saat kejadian, kelompok tersebut sedang mendaki jalur terkenal di Maui, Hawaii, yang lebih akrab disebut Road to Hana. Mereka tidak menyadari kemungkinan datangnya banjir tersebut.

“Tanpa peringatan apapun, air tiba-tiba mengalir dengan deras dari air terjun. Mungkin 50 kali lebih kencang dari arus pada awalnya.”

Setelah mereka menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi, mereka melakukan panggilan darurat ke nomor 911. Tak lama mereka diselamatkan oleh tim SAR dengan helikopter.

Foto diambil dari aku Instagram milik akun wrenees via Huffington Post.

Renee Lusano mengaku mendapatkan pelajaran berharga, “Aku dan lima orang teman mengalami secara langsung bahaya banjir bandang di sungai-sungai Maui. Saya harap cerita dan video yang kami sebarkan dapat memberikan kesadaran dan mencegah keadaan serupa di masa mendatang.”

Dengan pola cuaca yang tidak stabil, Hawaii dapat menjadi tempat berbahaya bagi pengunjung yang melihatnya sebagai taman bermain di alam tropis. Pada hari itu 16 orang termasuk Lusano dan teman-temannya diselamatkan dari banjir di Maui Timur.

Video ini diunggah Renee Losano ke YouTube pada Kamis lalu (03/09/2015), sedangkan foto penyelamatan oleh helikopter diambil dari Instagram dengan akun wrenees.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.