Sukses

Latihan AS-Korsel Dimulai, Kim Jong-un Umumkan Perang

Korut lontarkan meriam ke Selatan, setelah latihan militer AS-Korsel dimulai

Liputan6.com, Hubungan kedua negara Korea kembali memanas. Setelah Korea Selatan menuduh Korea Utara menanam ranjau darat, negara yang dipimpin Kim Jong-un pun melontarkan pernyataan, latihan perang bersama AS dan negara tetangganya itu adalah invasi ke negaranya. Hal ini membuat Korut tidak segan memulai perseteruan.

Kamis, 20 Agustus 2015 Korea Utara menembakkan senjata dan segala peralatan perang mereka ke arah militer Korea Selatan di barat perbatasan antara kedua negara ini. Tembakan balasan dari Selatan pun tidak terkendali, mereka membalas serangan dengan senjata artileri canggih.

Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan akan mengadakan sidang darurat mengenai pecahnya perseteruan ini.

Sementara itu, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Jumat (21/8/2015) memerintahkan kepada pasukan garis depan untuk memulai perang dengan Korea Selatan, seperti dilaporkan oleh media resmi Korut KCNA seperti dikutip dari CNN.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan, Korea Utara menembakkan proyektil ke arah Yeoncheon, sebuah kota utara-barat dari Seoul, pada 15:52 waktu setempat.

Laporan menunjukkan target Korut adalah loudspeaker menyiarkan pesan anti-Pyongyang.

Tak lama kemudian, Korea Selatan membalas tembakan ke arah Korea Utara. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan atau cedera baik dari kedua belah pihak.

Jutaan penduduk telah diperintahkan untuk meninggalkan toko-toko dan rumah-rumah mereka dan mengungsi ke bunker dan tempat penampungan selama insiden berlangsung. Seorang pejabat setempat mengatakan, sekitar 80 warga di Yeoncheon telah dievakuasi.

"Pentagon memantau ketegangan antara kedua negara ini," kata Komandan Laut Wiliam Urban, juru bicara Departemen Pertahanan kepada CNN.

 

Tentara Korea Selatan sedang melakukan penjagaan disekitaran zona Demiliterisasi, Korea Selatan, Minggu (9/8/2015). Militer Korea Selatan mengancam akan membalas Korea Utara yang dianggap telah memasang ranjau di Zona Demiliterisasi. (REUTERS/Yonhap)

Ketegangan berduri di Semenanjung Korea terjadi setelah 2 tentara Korea Selatan terluka serius oleh ranjau darat pada 4 Agustus di zona demiliterisasi. Korea Selatan menuduh Korea Utara menanam ranjau, namun pihak Pyongyang menyangkalnya.

Seoul berjanji akan merespons "keras" terhadap insiden ranjau darat dan kembali menggelegarkan pesan propaganda di perbatasan dari pengeras suara besar.

Langkah ini membuat marah Korea Utara, yang disebut penyiaran "tindakan langsung menyatakan perang." Selama akhir pekan, Korut mengancam akan meledakkan speaker Korea Selatan dan juga memperingatkan "serangan tanpa pandang bulu."

Pemerintah Korea Utara telah mengirim surat keberatan mereka kepada PBB pada Rabu 19 Agustus 2015. Surat tersebut berisi protes latihan bersama antara Amerika Serikat dan Korea Selatan. Dalam surat disebut, AS dan Korsel melakukan "provokasi serius dari kebijakan AS yang bermusuhan terhadap DPRK-Demokratic People of Republic Korea-- (nama resmi Korut)," meminta bahwa topik ini diperhatikan oleh Dewan Keamanan PBB.

"Jika AS terus-menerus memilih untuk konfrontasi militer meskipun peringatan berulang-ulang datang dari DPRK, maka mereka akan menerima konsekuensinya." tulis surat resemi Korut itu.

Pyongyang telah membuat permintaan serupa sebelumnya, namun tidak ada reaksi dari PBB.

Seorang Tentara sedang menjelaskan kepada awak media dimana tempat Ranjau itu meledak di zona Demiliterisasi, Korea Selatan, Minggu (9/8/2015). Zona Demiliterisasi merupakan daerah perbatasan yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara. (REUTERS/Yonhap)

Sejarah konflik

Ketegangan antara kedua negara ini adalah bukan hal baru.

Selama 6 dekade terakhir, pertempuran telah berkobar berulang kali sepanjang perbatasan darat dan laut. Hal ini disebabkan karena setiap negara bersikeras untuk menyatukan kembali semenanjung sesuai ketentuan dan sistem pemerintahan sendiri. Bentrokan angkatan laut yang mematikan, terjadi di sepanjang garis demarkasi pada 1999, 2002, dan 2009.

Menyusul kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, Korea terpecah. Selatan yang kapitalis didukung oleh Amerika Serikat dan sekutu Baratnya, dan Korut yang komunis didukung sekutu Uni Soviet.

Ketegangan Perang Dingin meletus menjadi perang pada 1950, menghancurkan semenanjung dan mengambil nyawa 2 juta orang. Pertempuran berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Secara teknis, kedua Korea masih berperang.

Selain pertempuran perbatasan, insiden lain terjadi karena provokatif kedua Korea ini. Pada 1968, Korea Utara mengirimkan pasukan komando untuk membunuh presiden Korsel. Namun, usaha mereka gagal.

Pada 1983, sebuah bom oleh Pyongyang menewaskan 17 pejabat tinggi Korea Selatan pada kunjungan ke Myanmar. Pada 1987, Korea Utara dituduh mengebom sebuah pesawat Korea Selatan. (Rie/Mvi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini