Sukses

Dua Mesin Derek Roboh ketika Perbaiki Jembatan

Mesin derek itu jatuh ke toko pakaian bekas dan toko barang-barang kesenian di pinggir sungai.

Liputan6.com, Alphen aan den Rijn, Belanda Dua puluh orang di bagian Barat Belanda mengalami cedera ketika dua mesin derek raksasa roboh dan menimpa rumah-rumah warga di sekitar tempat kejadian. Menurut laporan The Guardian, saat ambruk, dua mesin derek itu sedang melakukan pekerjaan restorasi jembatan di kota Alphen aan den Rijn Senin lalu (03/08/2015).

Seorang juru bicara dinas pemadam kebakaran mengatakan, “Dua mesin derek dan sepotong ruas jalan yang sedang mereka angkat jatuh menimpa lima rumah.” Mesin-mesin berat didatangkan ke tempat kejadian untuk mencari orang-orang yang tertimpa reruntuhan dan terjebak di bawahnya.

Mesin-mesin derek ini dipasang di atas anjungan untuk memperbaiki jembatan Ratu Juliana di atas kanal yang sudah ada sejak tahun 1950-an.

Stasiun NOS menyiarkan sebuah video amatir yang menunjukkan bagaimana dua mesin derek yang menjulang di sungai Oude Rijn itu sedang mengangkat sepotong bagian jembatan. Stasiun NOS juga melaporkan bahwa mesin derek itu jatuh menimpa toko pakaian bekas dan toko barang-barang kesenian, namun pada saat itu belum jelas jumlah orang di dalam bangunan-bangunan tersebut.

Dick van Smirren yang merekam kejadian tersebut mengatakan, “Terlihat ada awan debu, suatu gambar yang mengerikan, dan aku pun berpikir ‘Siapa yang ada di sana?’ Sukar dipercaya.”

Pihak pemerintah daerah setempat meminta warga agar menjauh dari tempat kejadian untuk mempermudah upaya para penyelamat melakukan tugas mereka.  Tampak sejumlah anjing pelacak berkeliaran bersama dengan regu penyelamat. Dewan Keselamatan Belanda, yang bertugas menyelidiki kecelakaan-kecelakaans serius, telah mengirimkan tim ke tempat kejadian. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.