Sukses

Aneh, Nomor Pemenang Undian Muncul sebelum Diundi

Kekuatan cenayang atau kecurangan yang direncanakan dengan baik?

Liputan6.com, Belgrade, Serbia Ketua penyelenggara undian nasional Serbia mengundurkan diri dan sejumlah pegawainya diselidiki setelah munculnya nomor pemenang undian di tayangan langsung televisi sebelum nomor undiannya diundi. Dalam video unggahan CNN ini, terlihat raut muka ganjil sang pembawa acara ketika menyadari 'keajaiban' tersebut.

Aleksandar Vulovic mengatakan bahwa ia mengundurkan diri karena `tanggung jawab moral` dan menolak mengaku bersalah setelah bola undian bernomor 21 tertera di layar televisi bahkan sebelum mesin undiannya memilih nomor tersebut. Menurut CNN, para pemirsa acara siaran langsung pada Selasa lalu (28/07/2015) merasa bingung dan curiga setelah muncul undian keempat, yaitu bola bernomor 27, tapi malah ditampilkan sebagai nomor 21 di layar televisi.

Kejadian ini mengundang tuduhan adanya permainan kotor, namun para pejabat undian menganggapnya sebagai “kesalahan teknis”. Nyatanya, memang tidak ada yang memenangkan hadiah utama senilai hampir 15 miliar rupiah terebut. Dalam pernyataan resmi penyelenggara undian disebutkan, “Undian ini sepenuhnya tunduk kepada peraturan dan perusahaan taat kepada hukum.”

Polisi telah menyita mesin undian, bola-bola bernomor, dan perangkat lunak komputer. Para penyidik mengatakan bahwa pegawai-pegawai undian yang bekerja pada saat undian akan menjalani uji deteksi kebohongan. Setidaknya sudah ada enam orang yang ditanyai dalam skandal ini.

Perdana Menteri Aleksandar Vucic mengatakan bahwa siapapun yang terlibat dalam kegiatan pidana akan “diseret ke pengadilan”. Katanya, “Jalan menuju penjara cukup pendek.” Undian yang diselenggarakan oleh pemerintah ini terkenal di negeri itu, terutama di kalangan pengangguran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini