Sukses

Misteri Lubang Hitam di Langit Inggris, Portal Masuk Alien?

Sebentuk cincin hitam itu dilaporkan muncul setelah terdengar suara ledakan keras. Spekulasi liar pun muncul setelahnya, diduga bekas UFO.

Liputan6.com, Nottingham - Penampakan bulatan mirip cincin hitam misterius di langit kawasan industri Nottingham, London, Inggris membuat gempar masyarakat di sekitarnya. Mereka beramai-ramai mengabadikan momen janggal itu dengan ponselnya.

Sebentuk cincin hitam itu dilaporkan muncul setelah terdengar suara ledakan keras. Spekulasi liar pun muncul setelahnya, mulai dari yang logis akibat efek ledakan, sampai dugaan portal antar dimensi atau pintu ke dunia lain, hingga jejak Unidentified Flying Object (UFO), kendaraan para alien.

Dalam video yang beredar, seperti dimuat Daily Mail, Sabtu (25/7/2015), lubang hitam itu muncul setelah sebuah ledakan di sebuah kawasan industri di dekatnya memenuhi langit dengan asap hitam.

Dalam video tersebut, cincin aneh melayang perlahan di atas atap di daerah perumahan.

Satu suara dapat terdengar mengatakan, "Aku belum pernah melihat sesuatu seperti itu." Lainnya  menimpali, "kita diserang oleh alien?"

Nigel Watson, penulis UFO Investigations Manual mengatakan "Ini adalah video yang sangat baik dari apa yang mungkin hanyalah cincin asap."

"Pada masa lalu, seperti ini disebabkan oleh uji kembang api atau ledakan yang disengaja. Formasi itu tercipta ketika ada ledakan dalam wadah melingkar atau struktur seperti drum baja atau pabrik cerobong asap."

Sementara di Youtube, tak sedikit yang menggap itu gerbang ke dunia lain. "Itu adalah Portal interdimensional," klaim salah satu akun.

Sementara yang lain menawarkan teori yang lebih ilmiah untuk menjelaskan penyebab terjadinya penampakan misterius tersebut.

'"Sayang sekali Anda tidak memiliki drone. Aku cukup yakin Anda akan mendapatkan petunjuk misteri itu saat terbang melaluinya," kata pengguna Youtube, GranVlog.

"Itu adalah toroidal vortice, awan gas dan asap yang berputar cepat," kata pengguna MYeahman. "Persis sama dengan cincin yang anda lihat pada atraksi lumba-lumba, dari mulut perokok, dan bahkan yang dihasilkan gunung berapi," tambah dia.

Setelah video itu diunggah, laporan dari ledakan mulai muncul di Hollygate Industrial Park di Cotgrave, Nottinghamshire. Diduga cincin hitam misterius itu timbul akibat kebakaran.

Lebih dari 30 petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan kala itu dan pihak pemadam Nottinghamshire menyarankan mereka yang tinggal di dekatnya untuk menjaga pintu dan jendela tertutup untuk mencegah asap.

Cincin asap terlihat di Nottinghamshire menyusul laporan pada bulan April, di mana penduduk Kazakhstan dihebohkan dengan penampakan menyerupai 'cincin hitam' misterius di langit tempat tinggal mereka pada 3 April 2015 sore.

Panjang lingkaran itu 100 meter. Warga setempat meyakini, bulatan hitam misterius di langit kala itu adalah jejak Unidentified Flying Object (UFO) yang melintas. Dalam rekaman video berdurasi 15 menit di Desa Shortandy, 40 km sebelah utara ibukota Astana, lingkaran berwarna hitam itu memang terlihat melayang di langit. Sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak secara perlahan. (Baca: Heboh Penampakan 'Cincin Hitam' di Langit Kazakhstan, Jejak UFO?) (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.