Sukses

Keju Termahal di Dunia dari Susu Keledai

Keju atau yang lebih dikenal dengan nama keju pale ini diklaim sebagai keju termahal di dunia.

Liputan6.com, Serbia - Setelah kaviar atau telur ikan yang dijual dengan harga US$ 300 ribu sekitar Rp 4 miliar per kg dari Austria, lalu ada es krim coklat seharga Rp 25 Juta yang dijual di sebuah restoran di New York, kini ada lagi makanan yang diklaim sebagai yang termahal di dunia berupa keju.

Seperti dilansir dari Oddity Central, Rabu (22/7/2015), keju yang diproduksi di peternakan keledai di Serbia, tepatnya di Zasavica ini bukan berasal dari susu sapi, kambing maupun kerbau. Melainkan dari susu keledai yang per pon-nya di hargai US $1.000 atau sekitar Rp 13 juta, dikenal dengan nama 'Keju Pule'.

Mahal? Ya memang. Ini dikarenakan keledai di daerah Balkan tidak menghasilkan terlalu banyak susu dan proses memerahnya pun harus dilakukan 3 kali dalam sehari menggunakan tangan.

Dari 1 galon susu yang dihasilkan, dibutuhkan 15 keledai yang diperah. Sementara untuk membuat 1 pon keju pule dibutuhkan 3,5 galon. Inilah yang membuatnya sangat berharga dan sulit didapatkan.

"Karena kami memiliki banyak keledai dan susu keledai yang melimpah, kami pikir, mengapa tidak mencoba membuat keju dari susu keledai," kata Manajer Pertanian Jovan Vukadinovic kapada BBC.

"Kami telah memproduksi susu keledai sepanjang waktu, dengan harga 40 euro per liter. Selain itu susu keledai sangat bergizi dan dapat memperkuat kekebalan tubuh bayi,'' tambah sang manajer.

Selain itu, alasan kenapa keju ini semakin banyak diminati adalah khasiatnya untuk kecantikan. Seperti dilansir dari Dailymail, konon Ratu Mesir Cleopatra rutin lakukan ritual mandi susu keledai untuk merawat kulitnya. (Mar/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini