Sukses

Susannah Jones Jadi Orang Paling Tua di Dunia

Susannah Jones (115) menjadi orang tertua baru di dunia. Ia menggantikan Jeraleyan Talley (116) yang meninggal Rabu malam (17/6/2015).

Liputan6.com, Brooklyn - Susannah Mushatt Jones (115), wanita asal Brooklyn, New York menjadi orang tertua di dunia.

Jones, yang kerap dipanggil "Miss Susie," mewarisi gelar orang tertua dari Jeralean Talley (116) yang meninggal Rabu malam (17/6/2015) di rumahnya, di pinggiran Detroit, kawasan suburban Inkster.

Menurut The Associated Press, Kelompok Riset Gerontologi yang berbasis di Los Angeles menganggap Talley sebagai orang tertua di dunia. Hal ini berdasarkan catatan yang tersedia, diikuti oleh Jones. Pasca wafatnya Talley, Jones menjadi orang tertua baru di dunia.

Dalam laporan NBC 4 New York, Senin (22/6/2015), Jones lahir 6 Juli 1899. Pada saat itu, Perang Spanyol-Amerika baru saja berakhir.

Ia adalah putri dari petani Alabama, anak ketiga dari 11 bersaudara. Seluruh saudaranya pun telah hidup lebih lama. Ia pindah ke New York pada 1920-an.

"Apakah Anda seorang wanita tua atau wanita muda?" tanya keponakannya, Lois Hakim saat wawancara dengan jurnalis NBC 4 New York Roseanne Colletti pada Januari lalu.

"Saya sudah tua," kata Jones.

Hakim berpesan Jones yang berumur panjang agar tidak minum, merokok atau berpesta. (fhh/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini