Sukses

'Pokemon' Gurita di Dunia Nyata

Belum ada nama resmi untuk si gurita, namun karena dianggap amat lucu, kata 'adorable' atau menggemaskan menjadi bagian dari nama ilmiahnya.

Liputan6.com, California - Makhluk lucu ini terlihat seperti sebuah jenis Pokemon, namun ini adalah spesies gurita yang baru-baru ini ditemukan di dunia nyata.

Pokemon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy.

Belum ada nama resmi untuk si gurita, namun karena dianggap amat lucu, kata 'adorable' atau menggemaskan menjadi bagian dari nama ilmiah si makhluk mungil itu.

"Sebagai seseorang yang mendeskripsikan suatu spesies, kita bebas memilih nama ilmiahnya," ucap Stephanie Bush, ilmuwan yang bertugas di Monterey Bay Aquarium Research Institute.

Wanita yang ditugaskan untuk mendeskripsikan si gurita melaporkan pada Huffington Post, yang dikutip Kamis (18/6/2015), bahwa salah satu kandidat nama yang nantinya akan diajukan adalah "Opisthoteuthis Adorabilis”. Alasannya, karena gurita itu terlihat begitu lucu.

Seperti yang diindikasikan dari namanya, hewan cephalopod ini masuk dalam genus Opisthoteuthis -- genus yang sama dengan Pearl, gurita flapjack warna merah muda pada film Finding Nemo.

Spesimen gurita baru ini sudah ditemukan sejak 1990, namun sampai sekarang mereka belum secara ilmiah dideskripsikan. Makhluk laut itu dikenal dengan anyaman di antara tentakel-tentakelnya, yang membuatnya bisa mengapung di permukaan air -- sementara ia menggunakan insang di mantelnya untuk mengendalikan arah.

"Hewan-hewan ini merupakan bagian dari ekosistem laut yang lebih luas. Supaya kita bisa memiliki ekosistem laut yang sehat dan berfungsi dengan baik, kita harus mengerti ekologi dan sifat-sifat setiap spesies individual," pungkas Bush. (Ikr/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.