Sukses

Pesta Prom Khusus Anak Berpenyakit Kronis

Aktris Selenis Leyva dari serial televisi Orange is The New Black pun turut meramaikan pesta prom ini.

Liputan6.com, New York - Bagi anak-anak usia remaja pengidap penyakit serius, amat sulit bagi mereka mendapatkan akses menikmati waktu dan bersenang-senang dengan teman sebaya. Rumah Sakit Anak-anak di Montefiero yang menyadari itu, mempunyai ide bagus untuk mereka yakni menggelar pesta prom khusus.

Tanggal 9 Mei 2015, sekitar 75 anak-anak remaja pasien penyakit kronis mengikuti pesta prom yang diselenggarakan oleh rumah sakit dengan bantuan donasi. Aktris Selenis Leyva, pemeran Gloria Mendoza di serial televisi Orange is The New Black pun turut bergabung, menemani adiknya, Arnol yang pernah selamat dari kanker dua kali.

Selenis Leyva bersama putrinya, Alina, adiknya, Arnol Leyva, dan Meghan Kelly dari Rumah Sakit Montefiero

Seperti dilansir dari TODAY, Rabu (13/5/2015), biaya donasi itu sudah menutupi keseluruhan kebutuhan pesta prom tersebut, dari pakaian formal sampai dekorasi. Bahkan tim makeup artis Leyva, Tina Costello, menawarkan jasa kemampuan riasnya untuk membantu para gadis-gadis mempercantik diri sebelum malam penuh kenangan itu.

Lindsay Davis, dokter spesialis anak di Montefiero, merupakan penggagas ide acara tahunan yang sudah berlangsung dari tahun 2009. Di mana pasiennya memiliki berbagai kondisi parah, mulai masalah jantung, diabetes, sampai kanker dan kelainan darah.

Davis menyatakan, bahwa pasien muda seringkali tidak punya kesempatan untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain. Termasuk pesta perpisahan sekolah.

"Jika mereka datang ke prom rumah sakit tanpa rambut, duduk di kursi roda atau telihat berbeda, tak ada yang bicara macam-macam dan mengolok-olok mereka," ungkap Davis. "Ini tempat aman untuk mereka."

Para gadis-gadis bersiap mengikuti pesta prom

Seperti prom pada umumnya, acara di Montefiero ini memiliki tema tertentu sejak peluncurannya. Seperti Hollywood, pesta topeng, pantai, Paris, dan karnaval.

Ada juga pemilihan Pangeran dan Putri Prom untuk anak-anak berusia 12 sampai 16 tahun, dan Raja dan Ratu Prom untuk pasien dewasa.

kiri: Sasha Arias, pemegang gelar Putri Prom tahun lalu, bersama pasangannya ; kanan: Essence White, gadis yang mengaku penggemar serial Orange is the New Black

Putri Prom tahun lalu, Sasha Arias yang berusia 15 tahun di akademi Mount St. Ursula di Bronx merupakan pengidap anemia sel sabit. Meski ia bisa bergaul dengan teman sekolahnya, prom dari rumah sakit memberinya kesempatan untuk mendapatkan teman sambil menjalani perawatan.

Menurut Davis, berbagai momen penuh kesan terjadi dari tahun ke tahun.

Selenis Leyva berbincang-bincang dengan Essence White.

Leyva pun mengaku ia merasa begitu bersemangat mengenai pesta unik itu. Sebagai ambasador Gabrielle's Angel Foundation, yang bekerja untuk riset kanker, ia merasa berhutang pada Montefiero atas jasanya terhadap adik Leyva yang pernah terkena kanker kelenjar getah bening.

Leyva pun bertemu dengan penggemar beratnya, Essence White yang mengidap leukimia myeloid akut. Remaja 18 tahun itu mengaku ia gemar menonton Orange is The New Black, dan tidak menyangka akan bertemu salah satu pemainnya secara langsung.

Gadis cantik ini merasa sungguh bersyukur aktris idolanya itu turut bercakap-cakap dan memberi kalimat penyemangat pada dirinya dan teman-temannya, dan juga seorang yang baik hati. (Ikr/Tnt)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.