Sukses

Di Tengah Keramaian, Presiden Zambia Jatuh dari Tangga

Tak ada tanda cedera pada Presiden Zambia Robert Mugabe yang saat itu usai menghadiri acara KTT Uni Afrika di Ethiopia.

Liputan6.com, Harare - Di tengah keramaian dan dalam pengawalan, tiba-tiba saja Presiden Zambia Robert Mugabe hilang dari pandangan. Ia bak tenggelam di kerumunan massa. Ternyata, ia terjatuh saat turun dari tangga podium, usai memberikan pidato di Bandara internasional Harare pada Rabu 4 Februari 2015.

Tak ada tanda cedera pada pria berusia 90 tahun yang saat itu usai menghadiri acara KTT Uni Afrika di Ethiopia. Juru bicara presiden George Charamba pun menolak berkomentar terkait hal tersebut.

"Presiden Mugabe salah melangkah dan jatuh ketika turun dari tangga. Ia dibantu berdiri oleh para pengawalnya yang kemudian mengarahkannya ke mobil yang sudah menunggu," ujar salah satu saksi mata seperti dikutip dari VOA News, Kamis (5/2/2015).

Sebelum terjatuh, Presiden Mugabe tengah menyapa para pendukungnya di bandara internasional Harare sekembalinya dari KTT Uni Afrika di Ethiopia di mana ia terpilih sebagai ketua Uni Afrika.

Dilansir dari Daily Mail, beberapa fotografer yang mengambil gambar saat Mugabe terjatuh mengklaim mereka dipaksa untuk menghapus gambar tersebut. Namun keberadaan foto detik-detik sang pemimpin Zambia hilang kendali saat berjalan pun masih banyak beredar di dunia maya. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini