Sukses

Manusia Tertua di Inggris Meninggal Dunia

Manusia tertua di Inggris dikabarkan meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Manusia tertua di Inggris dikabarkan meninggal dunia Sabtu lalu di rumah jompo di Barnsley. Ethel Lang, nama wanita sekaligus manusia tertua di Inggris ini meninggal di usia 114 tahun.

Ethel Lang lahir di Dulwich, London selatan timur, pada 18 Januari 1903 di masa pemerintahan Ratu Victoria. Sepanjang hidupnya, wanita ini telah melalui masa pemerintahan enam raja, 22 perdana menteri, dan dua perang dunia. Ia juga menjadi saksi lahirnya radio, televisi, komputer, dan internet.

Ethel Lang when she was 20 (Picture: Tom Maddick/Rossparry.co.uk)

Nyonya Lang adalah salah satu dari enam bersaudara yang semuanya perempuan. Ia meninggalkan sekolah pada usia 13 tahun untuk bekerja di sebuah pabrik baju. Tahun 1922, ia menikah dengan suaminya, William, dan memiliki seorang putri bernama, Margaret. William Lang, suami Ethel meninggal pada tahun 1988.

 Margaret Bates, William Lang, and Ethel Lang aged 27 in 1927 (Picture: Tom Maddick / Rossparry.co.uk)

Dalam wawancaranya dengan situs Metro.co.uk, Margaret Walker mengatakan bahwa ibunya mengalami kebutaan di usia 85 tahun tapi masih menikmati mendengarkan snooker. "Ia menyukai snooker dan menggemari Jimmy White (salah satu pemain snooler terkenal di Inggris). Dia selalu mendukung Jimmy," kata Walker.

Tahun 2005, Lang pindah ke Water Royd, sebuah panti jompo di Barnsley, di mana ia akhirnya meninggal dunia. Lang tercatat sebagai orang tertua di Inggris setelah Grace Jones yang meninggal pada usia 113 di tahun 2013.

Sementara itu, gelar sebagai orang tertua di dunia saat ini disandang oleh Misao Okawa, seorang wanita Jepang yang merayakan ulang tahun ke-116 nya Maret tahun lalu. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini