Sukses

Lobster Jumbo Mirip Tarantula

Lobster Pasifik yang bentuknya mirip Tarantula itu diperkirakan sudah berumur 70 tahun dengan berat tubuh 5,5 kg.

Liputan6.com, California - Ukuran dan berat hewan ini sebenarnya tak wajar. Karena tubuhnya jumbo atau lebih besar dari biasanya.

Seorang penyelam sekaligus ahli biologi muda, Forrest Galante, baru saja menangkap salah satu lobster tertua. Lobster Pasifik yang bentuknya mirip tarantula itu, diperkirakan sudah berumur 70 tahun. Dengan berat tubuh 5,5 kg.

Can we be friends? The dog comes over to get a sniff of Albert, but he seems not to have made his mind up


Menurut Forrest, hewan tangkapannya yang kini diberi nama Albert Girther itu merupakan lobster terbesar yang pernah ditangkap di perairan barat California, Amerika. Sebelumnya, dia pernah memenangkan sebuah penghargaan dari klub penyelaman bebas karena menangkap lobster seberat 4,2 kg.

 

Meet Albert Girther: This is the 12lb lobster pulled from the sea bed off California by biologist Forrest Galante


"Sebenarnya aku berpikir Albert adalah lobster terbesar yang ada di dunia, tapi aku terlalu bersemangat," tuturnya. "Aku sangat yakin hewan ini adalah lobster terbesar yang ditangkap di perairan barat tahun ini," tambah dia dilansir dari Dailymail, Kamis (4/12/2014).

"Aku harus mengakui bahwa aku sangat tertarik untuk membawa pulang dan memakannya," terang Forrest. "Beratnya berkilo-kilo dan dagingnya pasti sangat lezat. Tapi jelas sekali bahwa dia adalah seekor induk, jadi keluargaku dan aku memutuskan untuk menaruhnya lagi di dalam air sehingga dia bisa punya lebih banyak anak."

Forrest lantas membawanya ke Ty Warner Sea Centre, di mana Albert dimasukkan ke dalam sebuang wadah besar. Ia juga diberi makanan yang cukup. Ia nantinya akan menempatkan lobster itu ke tempat reservasi binatang laut California.

Hewan ini juga berbeda dari lobster lainnya. Dia tidak memiliki penjepit raksasa pada kaki depan, sehingga fisiknya tak mirip dengan lobster pada umumnya yang menakutkan.

Tetapi karena itu pula umur dari hewan ini sulit diprediksikan. Para pakar biasanya hanya melihat ukuran dan beratnya untuk menebak usia hewan. (Sha/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.