Sukses

Patung Telanjang Karya Maestro Ini Bikin Ratu Inggris Jijik

Ratu memerintahkan untuk menambahkan pahatan berbentuk daun ara untuk menutupi alat kelamin David. Itu yang membuatnya jadi tenar.

Liputan6.com, London - David adalah patung mahakarya seniman Italia era Renaissance, Michelangelo. Menjadi simbol perlawanan dari Kota Florence.



Namun, penampakan patung tersebut membuat Ratu Inggris, Victoria kaget bukan kepalang. Tiruan adi karya itu diberikan sebagai hadiah bagi sang ratu  pada tahun 1856 dari Leopold II, Grand Duke of Tuscany.

Ratu Victoria pun memerintahkan untuk menambahkan pahatan berbentuk sehelai daun ara untuk menutupi alat kelamin patung David. Kisah itulah yang membuat arca itu terkenal.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (11/11/2014), dalam waktu dekat patung tiruan tersebut akan dipamerkan di London, penyelenggaranya adalahThe Victoria and Albert Museum. Tanpa helaian daun yang menutupi kemaluannya.

Sang David akan dibiarkan telanjang, seperti pahatan yang dibuat Michelangelo -- mirip dengan yang asli yang ada di Florence.

"Patung dalam museum mungkin adalah salah satu yang terkenal di dunia. Tak hanya sekedar tiruan karya Michelangelo," kata dia. Tenar gara-gara tambahan daun itu.

Patung yang dijadikan hadiah untuk Ratu Inggris adalah karya pemahat Clemente Papi pada tahun 1850-an. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.