Sukses

Ngeri, Singa Gunung Mengendap-endap ke Restoran Steak

Apa yang terjadi jika ada singa gunung berkeliaran di tempat ramai manusia? Melihatnya saja sudah bergidik, takut diterkam.

Liputan6.com, Utah - Apa yang terjadi jika ada singa gunung berkeliaran di tempat ramai? Melihatnya saja sudah bergidik, takut diterkam. Tapi hewan liar itu benar-benar ada di tempat di mana orang lalu-lalang, tepatnya di sebuah restoran. Ia mungkin tersasar.

"Singa gunung itu terlihat berjalan di seberang jalan dan ke Jordan Commons di Sandy, Utah," kata polisi County Sandy, Dean Carriger seperti diberitakan ABC News, Senin (30/6/2014).

Petugas melihat kucing betina itu sedang mengendap-endap di pintu masuk sebuah restoran steak. Namun tak ada yang mengetahuinya, padahal puluhan orang datang dan pergi. "Banyak dari mereka bekerja di sebuah gedung perkantoran di dekatnya," ungkap Carriger.

Beberapa orang terlihat mengambil gambar dan video dari singa gunung, sementara yang lain tidak menyadari keberadaan hewan liar itu.

"Aku takut," ucap Francis Leesha kepada KUTV yang bekerja di sebuah perkantoran saat melihat kucing ketika melintas dengan rekan kerjanya, Maddie Gilbert.  "Mengejutkan," sambung Gilbert.

Sekitar 1,5 jam di depan restoran steak, singa gunung yang kepergok langsung lari. Seorang petugas menembakkan obat bius ke arahnya, namun meleset.

"Singa gunung lari melompati pagar dan bersembunyi di semak dekat jalur komuter. Dua petugas satwa liar tiba dan membuat singa itu terpojok dekat pagar di sekitar rel kereta api, lalu menembakkan obat pembius," urai Carriger.

Meski mengejutkan para pembeli, tetapi hewan liar itu menyakiti siapa pun di sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran kota Salt Lake City.

"Singa itu berusia sekitar 2 tahun dengan beratnya sekitar 100 kilogram. Para pejabat berencana untuk melepaskannya ke alam liar di pusat kota Utah" kata juru bicara Divisi Wildlife Resources Utah, Scott Root.

Hewan liar itu tidak bertindak agresif dan tak pernah tertangkap sebelumnya, "jadi dia akan diberi "kesempatan kedua," ucap Root.

Penampakan gunung singa memang cukup umum di Sandy, kota di pinggiran selatan Salt Lake City yang memiliki populasi sekitar 90 ribu jiwa.

Tapi umumnya singa gunung sering muncul di sisi timur kota. Sementara penampakan hewan liar dari gunung kali ini berada di sisi barat kota -- sekitar 5 km sebelah barat dari pegunungan.

Menurut perkiraan pihak berwenang, singa gunung itu mengikuti salah satu selokan atau jurang yang mengarah ke tempat itu.

"Ini sedikit tidak biasa, karena ini kawasan yang banyak dihuni penduduk," jelas Root. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.