Sukses

Ribuan Sweater Mungil untuk Pinguin Tasmania

Keberadaan pinguin di Tasmania semakin terancam aliran tumpahan minyak. Sejumlah donatur menyumbang sweater dengan panjang hanya empat puluh sentimeter.

Liputan6.com, Tasmania: Negara bagian Tasmania di Australia menerima sumbangan istimewa berupa seribu enam sweater mungil untuk pinguin, Rabu (23/5). Sweeter itu berfungsi melindungi penguin dari tumpahan minyak. Pemberian sumbangan itu sehubungan dengan aliran tumpahan minyak di sekitar Pantai Tasmania belakangan ini.

Sweeter mungil pinguin hasil rajutan itu adalah sumbangan sejumlah donatur di Tasmania ini. Soalnya, keberadaan pinguin di wilayah itu semakin terancam dan bangkai pinguin yang sekujur tubuhnya berlumuran tumpahan minyak semakin sering ditemukan. Racun tumpahan minyak sangat berbahaya. Dalam sejumlah kasus, pinguin secara perlahan mati lemas jika seluruh tubuhnya tertutup oleh tumpahan minyak.

Proyek pengadaan sweeter mungil adalah bagian dari program konservasi Tasmania yang melibatkan sekitar seratus lembaga swadaya masyarakat, dari Australia hingga Jepang. Sweater itu memiliki panjang hanya empat puluh sentimeter. Menurut pembuatnya, pakaian unik tersebut bisa melindungi tubuh pinguin dari gumpalan minyak maupun racun.(HFS/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini