Sukses

Deklarasi KTT ASEAN dan Rusia Ditandatangani

Sepuluh negara anggota ASEAN dan Rusia menandatangani deklarasi untuk memajukan kerja sama multilateral dalam bidang politik, keamanan, pengembangan ekonomi dan sosial.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (13/12) petang, ditutup dengan hasil sejumlah kesepakatan bersama Rusia. Tiga di antaranya kesepakatan pengembangan infrastruktur dalam sektor perminyakan dan gas alam serta investasi di sektor ekonomi. Rencananya, kesepakatan itu berakhir hingga 2015.

ASEAN dan Rusia juga menandatangani deklarasi untuk memajukan kerja sama multilateral dalam bidang politik, keamanan, pengembangan ekonomi dan sosial. Di bidang keamanan, ASEAN dan Rusia akan bertukar informasi mengenai keberadaan kelompok serta ancaman serangan teroris. Disepakati juga pemberantasan tindak pencucian uang dan sindikat penyelundupan obat terlarang. Di samping itu, disepakati kerja sama promosi wisata.

KTT ini adalah pertemuan gabungan yang pertama kali terjadi dalam sejarah antara ke-10 negara anggota ASEAN dan Rusia. Semuanya setuju mengadakan KTT semacam ini secara teratur. Dalam KTT Asia Timur yang dimulai hari ini di Kuala Lumpur, Rusia diundang sebagai pengamat.(DNP/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini