Sukses

Pandemi H5N1 Telah Merambah ke Kolombia

Sejumlah ayam di tiga peternakan di Negara Bagian Tolima, Kolombia, dinyatakan positif telah terjangkit virus flu burung. Kasus ini terjadi setelah pandemi avian influenza menyerang Benua Asia dan Eropa.

Liputan6.com, Tolima: Virus flu burung dinyatakan positif telah menjangkiti sejumlah ayam di tiga peternakan di Negara Bagian Tolima, Kolombia, baru-baru ini. Menurut Menteri Pertanian Kolombia, pihaknya telah mengisolasi ketiga peternakan itu. Sementara pemeriksaan akan segera dilakukan terhadap ayam-ayam di lokasi-lokasi lain untuk menyelidiki kemungkinan virus flu burung telah menyebar lebih luas lagi.

Kasus flu burung di Kolombia ini adalah yang pertama di Benua Amerika dan terkuak kurang dari seminggu setelah diumumkan kasus serupa di Rumania dan Turki. Sementara itu, beberapa bulan lalu juga dilaporkan kasus flu burung telah melanda Rusia. Diduga, wabah yang menyebar di dua benua itu akibat migrasi burung dari Asia yang sudah terjangkit virus H5N1 [baca:  Flu Burung Menyerang Turki].(ZIZ/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.