Sukses

Miniseri Sri Paus Bakal Ditayangkan

Miniseri ini akan ditayangkan bersamaan dengan dimulainya konklaf atau pemilihan paus berikutnya di Vatikan. Film ini memperlihatkan betapa berlikunya jalan menjadi seorang pemimpin umat Katolik Roma sedunia.

Liputan6.com, Roma: Tak sampai dua pekan sejak Paus Yohanes Paulus II meninggal dunia, sebuah film yang mengisahkan hidup Sri Paus siap beredar. Miniseri ini dibuat dengan kolaborasi sinema Polandia dan Italia dalam bentuk miniseri televisi. Terhitung Senin (18/4) pekan depan, miniseri ini ditayangkan di televisi nasional Italia. Hari penayangan seiring dimulainya konklaf atau pemilihan paus berikutnya di Vatikan. Rencananya miniseri ini juga diedarkan secara internasional [baca: Persiapan Pemilihan Sri Paus Baru].

Film tersebut berjudul Karol, un uomo diventato Papa atau Karol, laki-laki yang menjadi Sri Paus. Aktor Polandia, Piotr Adamczyk, memerankan tokoh Karol di bawah arahan sutradara Italia Giacomo Battiato. Versi orisinal film ini dibuat dalam bahasa Polandia dan selanjutnya disulihsuarakan ke bahasa Italia [baca: Perjalanan Paus Paulus II Diangkat dalam Film].

Film ini sekaligus memperlihatkan betapa berlikunya jalan menjadi seorang pemimpin umat Katolik Roma sedunia. Inilah yang dirasakan Karol Jozef Wojtyla, pemuda kelahiran Wadowice, dekat Kota Krakow, Polandia, 18 Mei 1920. Betapa tidak, mahasiswa Universitas Jagiellonian di Krakow, Polandia, ini mendalami agama yang dianutnya di bawah pendudukan tentara Nazi Jerman. Bahkan sampai menjadi pastor dan dinobatkan sebagai Kardinal Polandia pada tahun 1967.

Miniseri ini berakhir pada adegan pengangkatan Karol sebagai Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1978. Adapun kisah hari-hari Karol sebagai Paus akan dituangkan dalam sekuelnya, September mendatang.(ANS/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.