Sukses

Pemerintah AS Memperketat Jalur Masuk

Pemerintah Amerika Serikat memperketat lalu lintas manusia dan barang yang akan masuk ke negerinya. Pembakaran hewan terus dilakukan di Inggris, Prancis, dan Italia.

Liputan6.com, Amerika Serikat: Untuk mencegah penyebaran penyakit kuku kaki dan mulut ternak dari Eropa, pemerintah Amerika Serikat telah memperketat pengawasan di setiap bandar udara di AS, Rabu (14/3). Bahkan, pengawasan lalu lintas manusia maupun barang yang masuk ke negeri Paman Sam itu juga melibatkan beberapa ekor anjing pelacak. Akibatnya, para pendatang terpaksa harus antre selama berjam-jam.

Namun, langkah pengawasan tadi lebih difokuskan kepada para pendatang dari kawasan Eropa, terutama yang berasal dari Inggris. Sejumlah barang bawaan pengunjung, mulai dari pakaian, makanan, hingga obat-obatan juga diperiksa dengan teliti oleh petugas peternakan setempat yang dibantu sejumlah pengawas bandara. Selain itu, pakaian dan sepatu para pendatang yang dikenakan juga diperiksa. Sebab, virus penyakit itu sangat mudah menempel pada pakaian dan sepatu.

Selain di bandara, pengawasan juga diberlakukan di sejumlah pelabuhan negeri adi daya itu. Bahkan, sejak sepekan silam, Departemen Pertanian AS juga memberlakukan pelarangan impor daging dan produk industri pertanian dari Eropa.

Sementara itu, pembakaran ternak yang terjangkit virus kuku dan mulut di Inggris, Prancis, dan Italia masih terus dilakukan hingga Rabu kemarin. Para pejabat pertanian Eropa mengakui, akibat merebaknya virus yang ditemukan pada tahun 1929 itu, pendapatan industri pertanian di Eropa merosot sampai 75 persen.(ICH/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini