Sukses

Tymoshenko Perdana Menteri Ukraina

Kemenangan suara 373 berbanding nol di Parlemen, mengantarkan Yulia Tymoshenko menjadi Perdana Menteri Ukraina. Tymoshenko mendapat dukungan penuh dari Presiden Ukraina Viktor Yuschenko.

Liputan6.com, Kiev: Parlemen Ukraina, Jumat (4/2), menyetujui penunjukan Yulia Tymoshenko sebagai perdana menteri yang baru. Persetujuan itu diambil setelah voting Parlemen memberikan hasil 373 berbanding nol. Angka ini jauh di atas suara yang diperlukan sebanyak 226 suara.

Tymoshenko tersenyum lebar setelah pemungutan suara itu dan memeluk Presiden Viktor Yuschenko. Yushchenko secara khusus datang ke Gedung Parlemen dan meminta para anggota legislatif mendukung calonnya menjadi orang nomor dua di Ukraina.

Langkah pertama Tymoshenko sebagai perdana menteri adalah mengumumkan anggota kabinet. Anatoliy Kinakh, mantan perdana menteri yang kemudian menjadi sekutu kunci Yuschenko ditunjuk sebagai wakil perdana menteri pertama.

Tymoshenko berperan penting dalam Revolusi Oranye (warna lambang-lambang pendukungnya) tahun silam dan membantu kemenangan Yuschenko atas mantan Perdana Menteri Viktor Yanukovich dalam pemilu presiden kedua, 26 Desember silam. Namun kegemaran melontarkan pernyataan provokatif diperkirakan menjadikan Yuschenko sebagai perdana menteri yang kontroversial.(YYT/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini